HUMAN RESOURCESHUMAN RESOURCES DEVELOPMENT

Pelatihan Emotional Quality Management

Pelatihan Emotional Quality Management adalah program Training Human Resources Development dari PT Gama Semesta Konsultindo. Pelatihan Emotional Quality Management dapat diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Emotional Quality Management

Kecerdasan emosional dapat diartikan dengan kemampuan untuk “menjinakkan” emosi dan mengarahkannya ke pada hal-hal yang lebih positif. Seorang yang mampu mensinergikan potensi intelektual dan potensi emosionalnya berpeluang menjadi manusia-manusia utama dilihat dari berbagai segi.

Hubungan antara otak dan emosi mempunyai kaitan yang sangat erat secara fungsional. Antara satu dengan lainnya saling menentukan. Otak berfikir harus tumbuh dari wilayah otak emosional. Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan emosional hanya bisa aktif di dalam diri yang memiliki kecerdasan intelektual

Manusia dengan EQ yang baik, mampu menyelesaikan dan bertanggung jawab penuh pada pekerjaan, mudah bersosialisasi, mampu membuat keputusan yang manusiawi, dan berpegang pada komitmen. Makanya, orang yang EQ-nya bagus mampu mengerjakan segala sesuatunya dengan lebih baik.

Kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan, memahami dan secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi koneksi dan pengaruh yang manusiawi. Dapat dikatakan bahwa EQ adalah kemampuan mendengar suara hati sebagai sumber informasi. Untuk pemilik EQ yang baik, baginya infomasi tidak hanya didapat lewat panca indra semata, tetapi ada sumber yang lain, dari dalam dirinya sendiri yakni suara hati. Malahan sumber infomasi yang disebut terakhir akan menyaring dan memilah informasi yang didapat dari panca indra.

Substansi dari kecerdasan emosional adalah kemampuan merasakan dan memahami untuk kemudian disikapi secara manusiawi. Orang yang EQ-nya baik, dapat memahami perasaan orang lain, dapat membaca yang tersurat dan yang tersirat, dapat menangkap bahasa verbal dan non verbal. Semua pemahaman tersebut akan menuntunnya agar bersikap sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan lingkungannya Dapat dimengerti kenapa orang yang EQ-nya baik, sekaligus kehidupan sosialnya juga baik. Tidak lain karena orang tersebut dapat merespon tuntutan lingkungannya dengan tepat .

Di samping itu, kecerdasan emosional mengajarkan tentang integritas kejujuran komitmen, visi, kreatifitas, ketahanan mental kebijaksanaan dan penguasaan diri. Oleh karena itu EQ mengajarkan bagaimana manusia bersikap terhadap dirinya (intra personal) seperti self awamess (percaya diri), self motivation (memotivasi diri), self regulation (mengatur diri), dan terhadap orang lain (interpersonal) seperti empathy, kemampuan memahami orang lain dan social skill yang memungkinkan setiap orang dapat mengelola konflik dengan orang lain secara baik .

Dalam bahasa agama , EQ adalah kepiawaian menjalin “hablun min al-naas”. Pusat dari EQ adalah “qalbu” . Hati mengaktifkan nilai-nilai yang paling dalam, mengubah sesuatu yang dipikirkan menjadi sesuatu yang dijalani. Hati dapat mengetahui hal-hal yang tidak dapat diketahui oleh otak. Hati adalah sumber keberanian dan semangat , integritas dan komitmen. Hati merupakan sumber energi dan perasaan terdalam yang memberi dorongan untuk belajar, menciptakan kerja sama, memimpin dan melayani.

 

Tujuan Pelatihan / Training Emotional Quality Management

  1. Membangun pribadi dengan mental dan kemampuan interpersonal yang lebih baik melalui kompetensi EQ
  2. Mengurangi terjadinya konflik, pertentangan dan kesalahpahaman akibat perbedaan pola pikir dan style individu
  3. Menciptakan iklim dan suasana yang lebih saling percaya dan lebih mudah berkomunikasi, khususnya dalam keluarga dan di tempat kerja
  4. Mengaplikasikan pengetahuan tentang emosi dalam menghadapi atasan, rekan, bawahan bahkan pelanggan yang tergolong sulit di tempat kerja
  5. Mengaplikasikan pengetahuan kecerdasan emosional dalam berbagai bidang pekerjaan termasuk untuk mendidik anak, dalam pekerjaan sebagai sales, operation, back office, customer service, dll

 

Materi Pelatihan / Training Emotional Quality Management

  1. Masalah-masalah Emosi dalam Kehidupan Sehari-hari dan tips solusinya
  2. Fundamental Kecerdasan Emosional (peserta belajar pengetahuan dasar tentang emosi, cara kerja syaraf secara atraktif, belajar proses terjadinya berbagai emosi dalam kehidupan kita melalui video presentasi dan latihan)
  3. Model EQM (Landasan penting tentang tahapan-tahapan yang mempengaruhi kemampuan EQ seseorang, experiential learning secara menarik tentang model EQM)
  4. Tahap Pengembangan EQ1: Emotional Awareness (mengaktifkan radar emosi, praktek dan aplikasi menggali Unmet Emotional Needs & Emotional Hot Button, menerapkan termometer emosi, tes kepekaan emosi)
  5. Tahap Pengembangan EQ2: Emotional Acceptance (teknik membangun harga diri DO-RE-MI, metode cermin, menerapkan empati dengan metode WAKAT, melatih kemampuan empati melalui proses validating emosi)
  6. Tahap Pengembangan EQ3: Emotional Affection (teknik menggali berbagai tipe manusia dengan tipe emosi yang dominant, 3 cara membaca peta pikiran orang lain, mengekpresikan marah secara positf, mengekspresikan pujian)
  7. Tahap Pengembangan EQ4: Emotional Affirmation (mengembangkan emosi sebagai energi, emotional problem solving, total formula for success)
  8. Peta Profil Pribadi berdasarkan Personal Analysis System
  9. Emotional Intelligence Appraisal dari TalentSmart yang memuat skor EQ Anda

 

Peserta Pelatihan / Training Emotional Quality Management

  1. Para pemimpin (eksekutif, manager, supervisor) perusahaan yang banyak berhubungan dengan anak buah dan pihak-pihak eksternal
  2. Para profesional yang pekerjaannya banyak berinteraksi dengan orang (sales, customer service, audit, PR, HRD, internal service)
  3. Para profesional yang pekerjaannya teknis tetapi sebenarnya membutuhkan keahlian hubungan interpersonal yang tinggi di masa depannya (akuntasi, finance, IT, pabrik, operations)
  4. Para orang tua yang ingin membina hubungan yang lebih harmonis serta mengaplikasikannya pada interaksi dengan pasangan serta pada pola asuhnya
  5. Para guru, pendidik serta pengajar yang banyak berinteraksi dengan siswa, mahasiswa serta pihak-pihak pengelola pendidikan
  6. Para mahasiswa ataupun karyawan yang bertekad untuk meningkatkan kesuksesan hidupnya lebih baik lagi dengan pendekatan Kecerdasan Emosional

 

Instruktur Pelatihan / Training Emotional Quality Management

Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi. dan tim

 

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Emotional Quality Management

  • 3 (tiga) hari kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta,  Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch/2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Emotional Quality Management hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.