ENGINEERINGHEALT SAFETY AND ENVIRONMENT (HSE)TRAINING

Pelatihan Incident dan Accident Investigation

Pelatihan Incident dan Accident Investigation
Pelatihan Incident dan Accident Investigation adalah program training engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Pelatihan Incident dan Accident Investigation diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Training / Pelatihan Incident dan Accident Investigation

Menurut International Labour Organization (ILO) setiap tahun terjadi 1,1 juta kematian yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan akibat hubungan pekerjaan. Sekitar 300.000 kematian terjadi dari 250 juta kecelakaan dan sisanya adalah kematian akibat penyakit akibat hubungan pekerjaan. Data dari Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) menunjukkan bahwa kecenderungan kejadian kecelakaan kerja meningkat dari tahun ke tahun yaitu 82.456 kasus di tahun 1999 meningkat menjadi 98.905 kasus di tahun 2000 dan naik lagi mencapai 104.774 kasus pada tahun 2001. Dari kasus-kasus kecelakaan kerja 9,5% diantaranya (5.476 tenaga kerja) mendapat cacat permanen. Ini berarti setiap hari kerja ada 39 orang pekerja yang mendapat cacat baru atau rata-rata 17 orang meninggal karena kecelakaan kerja.

Kecelakaan industri secara umum disebabkan oleh dua hal pokok yaitu perilaku kerja yang berbahaya (unsafe human act) dan kondisi yang berbahaya (unsafe condistions). Beberapa hasil penelitian menunjukkkan bahwa faktor manusia memegang peranan penting timbulnya kecelakaan kerja. Hasil penelitian menyatakan bahwa 80%-85% kecelakaan keja disebabkan oleh kelalaian atau kesalahan faktor manusia.

Seringkali kecelakaan kerja yang sama terjadi berulang-ulang di tempat yang sama, padahal sudah dilakukan berbagai program pencegahan kecelakaan. Kenapa bisa terjadi? Faktor penyebabnya adalah investigasi penyebab kecelakaan tidak dilakukan secara baik, hal ini bisa jadi karena metode investigasi yang kurang tepat atau personil investigasi (investigator) yang tidak memiliki kompetensi yang cukup untuk melakukan investigasi, sehingga hasil investigasi dan rekomendasi yang diberikan tidak tepat sasaran. Pelatihan ini akan mengajarkan bagaimana cara melakukan investigasi atau analisis kecelakaan kerja dengan metode yang benar sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan investigasi kecelakaan.

Peserta diharapkan akan memiliki kompetensi dalam investigasi kecelakaan dan mampu memperlihatkan dan memperagakan kemampuan dan keahlian berkaitan dengan penyelidikan suatu kecelakaan, mencari faktor penyebab serta memberikan solusi untuk mencegah terulangnya kejadian serupa.

 

Materi Pelatihan Incident dan Accident Investigation

  1. Konsep dasar multiple root cause dan metode investigasi
  2. Pengembangan sistem manajemen safety
  3. Pengumpulan dan analisis fakta
  4. Teknik interview
  5. Penentuan root cause
  6. Menyusun rekomendasi dan laporan akhir
  7. Case Study

 

Peserta Training / Pelatihan Incident dan Accident Investigation

Training ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan  berbagai proses yang dapat mengancam keselamatan pekerja.

 

Instruktur Training / Pelatihan Incident dan Accident Investigation

  • Yuni Kusumastuti, ST,M.Eng,D.Eng
  • Ir. Agus Prasetya,MA.Sc,Ph.D

 

Waktu dan Tempat Training /Pelatihan Incident dan Accident Investigation

  • 3 (tiga) hari kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta,  Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch/2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Training / Pelatihan Incident dan Accident Investigation hubungi ibu Risma atau  ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011,0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.