ENGINEERINGHEALT SAFETY AND ENVIRONMENT (HSE)TRAINING

Pelatihan Industrial Air Pollution Control System

Pelatihan Industrial Air Pollution Control SystemPelatihan Industrial Air Pollution Control System adalah program training engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Pelatihan Industrial Air Pollution Control System diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Training / Pelatihan Industrial Air Pollution Control System

Setiap hari kita menghirup udara bebas di sekitar kita secara gratis alias cuma-cuma. Tetapi beberapa wilayah di Indonesia khususnya, udaranya sangat tercemar. Sumber pencemaran dapat merupakan kegiatan yang bersifat alami dan kegiatan antropogenik. Contoh sumber alami adalah akibat letusan gunung berapi, kebakaran hutan, dekomposisi biotik, debu, spora tumbuhan dan lain sebagainya. Pencemaran akibat kegiatan manusia secara kuantitatif sering lebih besar, misalnya sumber pencemar akibat aktivitas transportasi, industri, persampahan baik akibat proses dekomposisi ataupun pembakaran dan rumah tangga. Pencemaran udara akibat kegiatan transportasi yang sangat penting adalah akibat kendaraan bermotor di darat yang menghasilkan gas CO, NOx, hidrokarbon, SO2 dan Tetraethyl lead, yang merupakan bahan logam timah yang ditambahkan kedalam bensin berkualitas rendah untuk meningkatkan nilai oktan guna mencegah terjadinya letupan pada mesin. Parameter penting akibat aktivitas ini adalah CO, partikulat, NOx, HC, Pb , dan SOx.

Emisi pencemaran udara oleh industri sangat tergantung dari jenis industri dan prosesnya, peralatan industri dan utilitasnya. Berbagai industri dan pusat pembangkit tenaga listrik menggunakan tenaga dan panas yang berasal dari pembakaran arang dan bensin. Hasil sampingan dari pembakaran adalah SOx, asap dan bahan pencemar lain. Proses pembakaran sampah walaupun skalanya kecil sangat berperan dalam menambah jumlah zat pencemar di udara terutama debu dan hidrokarbon. Hal penting yang perlu diperhitungkan dalam emisi pencemaran udara oleh sampah adalah emisi partikulat akibat pembakaran, sedangkan emisi dari proses dekomposisi yang perlu diperhatikan adalah emisi HC dalam bentuk gas metana.

Polusi udara atau pencemaran udara dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan, mulai dari masalah kesehatan sampai pada perubahan iklim global. Pencemaran udara tidak dapat dihilangkan sama sekali, tetapi hanya dapat dikurangi atau dikendalikan. Manusia dapat mengakibatkan pencemaran udara, tetapi juga dapat berperan dalam pengendalian pencemaran udara ini. Dari training ini, para peserta diharapkan memiliki kemampuan dan pemahaman terkait dengan pencemaran udara dan control system-nya, terutama untuk persoalan industrial air pollution.

 

Materi Pelatihan Industrial Air Pollution Control System

  1. Pencemaran udara dan ambang batasnya
  2. Basic knowledge
  3. Pollution problem
  4. Control technologies particulate
  5. Peralatan pemurnian gas : cyclones, media filtration, particle scrubber, electrostatic precipitator
  6. Case Study

 

Peserta Training / Pelatihan Industrial Air Pollution Control System

Training / Pelatihan ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan  berbagai proses yang dapat mengancam keselamatan pekerja.

 

Instruktur Training / Pelatihan Industrial Air Pollution Control System

  • Yuni Kusumastuti, ST,M.Eng,D.Eng
  • Ir. Agus Prasetya,MA.Sc,Ph.D

 

Waktu dan Tempat Training /Pelatihan Industrial Air Pollution Control System

  • 3 (tiga) hari kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta,  Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch/2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Training / Pelatihan Industrial Air Pollution Control Systemt hubungi ibu Risma atau  ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011,0877-3989-1000.

2 thoughts on “Pelatihan Industrial Air Pollution Control System

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.