ENGINEERINGHEALT SAFETY AND ENVIRONMENT (HSE)TRAINING

Pelatihan Introduction to Consequence Analysis

Pelatihan Introduction to Consequence AnalysisPelatihan Introduction to Consequence Analysis adalah program training engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Pelatihan Introduction to Consequence Analysis diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali

Deskripsi Training / Pelatihan Introduction to Consequence Analysis

Safety issues  di industri menjadi salah satu topik yang sedang menjadi perhatian  yang serius . Banyak kecelakaan yang sebenarnya tidak perlu terjadi, pada kenyataannya kecelakaan (“accidents”) masih sering terjadi dan mengakibatkan kehilangan produksi, kecelakaan plant`s employees ataupun kerusakan alat.

Menurut International Labour Organization (ILO) setiap tahun terjadi 1,1 juta kematian yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan akibat hubungan pekerjaan. Sekitar 300.000 kematian terjadi dari 250 juta kecelakaan dan sisanya adalah kematian akibat penyakit akibat hubungan pekerjaan. Data dari Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N) menunjukkan bahwa kecenderungan kejadian kecelakaan kerja meningkat dari tahun ke tahun yaitu 82.456 kasus di tahun 1999 meningkat menjadi 98.905 kasus di tahun 2000 dan naik lagi mencapai 104.774 kasus pada tahun 2001. Dari kasus-kasus kecelakaan kerja 9,5% diantaranya (5.476 tenaga kerja) mendapat cacat permanen. Ini berarti setiap hari kerja ada 39 orang pekerja yang mendapat cacat baru atau rata-rata 17 orang meninggal karena kecelakaan kerja.

Kecelakaan industri secara umum disebabkan oleh dua hal pokok yaitu perilaku kerja yang berbahaya (unsafe human act) dan kondisi yang berbahaya (unsafe condistions). Jika kedua hal tersebut diabaikan oleh para pekerja, bukan tidak mungkin akan menjadi pemicu risiko kecelakaan dari potensi bahaya yang ada di lingkungan kerja dan dampak/konsekuensi dari itu semua akan merugikan baik pekerja maupun perusahaan.

Bahaya (hazard) adalah faktor intrinsik yang melekat pada sesuatu (bisa pada barang ataupun suatu kegiatan maupun kondisi), misalnya pestisida yang ada pada sayuran ataupun panas yang keluar dari mesin pesawat. Bahaya ini akan tetap menjadi bahaya tanpa menimbulkan dampak/konsekuensi ataupun berkembang menjadi accident bila tidak ada kontak (exposure) dengan manusia. Sebagai contoh, panas yang keluar dari mesin pesawat tidak akan menimbulkan kecelakaan jika kita tidak menyentuhnya.

Analisis konsekuensi perlu dilakukan guna lebih memahami akan bahaya (hazard) dan konsekuensi dari bahaya tersebut jika terjadi accident, sehingga para pelaku industri khususnya bisa lebih memperhatikan dan mempertimbangkan hazard yang ada di lingkungan kerjanya serta konsekuensi apa yang akan timbul dari bahaya tersebut sehingga keselamatan dan keamanan dalam bekerja selalu dikedepankan.

 

Materi Pelatihan Introduction to Consequence Analysis

  1. Introduction to modeling procedures
  2. Basic concepts used in consequence analysis
  3. Fire radiation models
  4. Release models
  5. Vapor dispersion
  6. Explosions
  7. Examples of model applications to accidental releases

 

Peserta Training / Pelatihan Introduction to Consequence Analysis

Training ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan  berbagai proses yang dapat mengancam keselamatan pekerja.

 

Instruktur Training / Pelatihan Introduction to Consequence Analysis

  • Yuni Kusumastuti, ST,M.Eng,D.Eng
  • Ir. Agus Prasetya,MA.Sc,Ph.D

 

Waktu dan Tempat Training / Pelatihan Introduction to Consequence Analysis

  • 3 (tiga) hari kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta,  Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch/2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Training / Pelatihan Introduction to Consequence Analysis hubungi ibu Risma atau  ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011,0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.