ENGINEERINGHEALT SAFETY AND ENVIRONMENT (HSE)Pelatihan K3TRAINING

Pelatihan Job Safety Analysis

PelatihaPelatihan Job Safety Analysisn Job Safety Analysis adalah program training engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Pelatihan Job Safety Analysis diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali

Deskripsi Training / Pelatihan Job Safety Analysis

K3 merupakan suatu kondisi pada pekerja dengan tingkat keselamatan kerja dan kesehatan kerja yang setinggi-tingginya, jauh dari Penyakit Akibat Kerja  (PAK) dan Kecelakaan Kerja. Agar seorang pekerja tidak mengalami PAK dan kecelakaan kerja, maka perlu diupayakan beberapa tindakan perbaikan antara lain pada lingkungan kerjanya. Suatu lingkungan kerja nyaman bila lingkungan kerja tersebut, baik secara fisik, kimia dan biologi tidak menimbulkan gangguan kesehatan pekerja. Faktor fisik misalnya suhu tempat kerja, bising, getaran/vibrasi, radiasi maupun pencahayaan baik, aman bagi kesehatan, faktor kimiawi baik untuk proses produksi maupun hasil produksi suatu tempat kerja tidak mengganggu kesehatan pekerja, demikian pula unsur biologi yang ada di tempat kerja serta ada penerapan ergonomi yang baik. Suhu yang tinggi dan kebisingan di tempat kerja benar dapat menyulut terjadinya suatu kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja.

Dengan adanya berbagai faktor yang dapat mengganggu kesehatan kerja, maka perlu dilakukan identifikasi bahaya di tempat kerja. Identifikasi bahaya di tempat kerja perlu dilakukan, kemudian dievaluasi dan bila berada di luar standar yang ada maka dapat dilakukan pengendalian yang memadai di tempat kerja agar aman bagi pekerja. Banyak cara yang dapat dilakukan baik dari sisi mesin, instalasi maupun peralatan yang dipergunakan.

Sumber bahaya di tempat kerja dapat berasal dari bangunan, peralatan, instalasi, bahan produksi, proses produksi, cara kerja maupun lingkungan kerja. Bahaya-bahaya tersebut dapat menimbulkan peledakan, kebakaran, kecelakaan dengan berbagai derajat, juga dapat menimbulkan alergi, kerusakan kulit dan jaringan tubuh, kanker, keracunan, radio aktif maupun kelainan janin.

Sedang cara pengendalian bahaya tersebut dapat secara engineering misalnya mengganti bahan berbahaya dengan yang kurang berbahaya, mengisolasi sumber bahaya, mengadakan ventilasi yang baik; tindakan administratif pada pekerja dan bila tidak berhasil diberikan alat pelindung diri bagi pekerja.

Job Safety Analysis (JSA) atau dikenal juga dengan Job Hazard Analysis merupakan upaya untuk mempelajari/menganalisa dan serta pencatatan tiap-tiap urutan langkah kerja suatu pekerjaan, dilanjutkan dengan identifikasi potensi-potensi bahaya di dalamnya kemudian diselesaikan dengan menentukan upaya terbaik untuk mengurangi ataupun menghilangkan/mengendalikan bahaya-bahaya pada pekerjaan yang dianalisa tersebut.

Pelatihan ini dirancang untuk memberikan kompetensi kepada peserta training bagaimana prosedur dalam pembuatan JSA dengan menggunakan format standar. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat membuat dan menerapkan JSA dengan baik di perusahaan sehingga kecelakaan dapat dicegah dan ditanggulangi dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku di perusahaan.

 

Materi Pelatihan Job Safety Analysis

  • Job Safety Analysis / JSA ( teori & praktek )
  • Supervisory Safety Management
  1. Sebab dan Akibat Kecelakaan serta Pencegahan
  2. Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko (Risk Assessment) Pengendalian (Basic Risk Management )
  3. Inspeksi K3
  4. Investigasi Insiden, Analisa Penyebab dan Sistem Pelaporannya
  • Studi kasus dan diskusi
  • Summary

 

Peserta Training / Pelatihan Job Safety Analysis

Training ini penting diikuti oleh mereka yang mempunyai latar belakang profesi sebagai penanggung jawab system organisasi/perusahaan, dept ISO/QHSE, dept SDM, dept quality control/assurance, seluruh perwakilan divisi perusahaan dan siapa saja yang terlibat langsung maupun tidak dalam implementasi manajemen mutu di perusahaan.

 

Instruktur Training / Pelatihan Job Safety Analysis

  • Yuni Kusumastuti, ST, M.Eng, D.Eng
  • Ir. Agus Prasetya, MA.Sc, Ph.D

 

Waktu dan Tempat Training / Pelatihan Job Safety Analysis

  • 3 (tiga) hari kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta,  Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch/2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Training / Pelatihan Job Safety Analysis hubungi ibu Risma atau  ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011,0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.