AGRIBISNIS MANAGEMENTAGRO INDUSTRITRAINING

Pelatihan Kultur Jaringan Tanaman

www.gamasemesta.comPelatihan Kultur Jaringan Tanaman adalah program Training  Agro Industri  dari PT Gama Semesta Konsultindo. Pelatihan Kultur Jaringan Tanaman dapat diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Kultur Jaringan Tanaman

Kultur jaringan merupakan suatu cara alternatif perbanyakan tanaman secara vegetatif yang hasilnya lebih cepat dan banyak. Perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan (in vitro) dilakukan untuk tanaman yang bernilai ekonomi tinggi dan pemenuhan kebutuhan akan bibit tanaman. Teknik ini memberikan peluang baru dalam proses pembibitan. Bibit yang dihasilkan berasal dari bagian tanaman yang digunakan sebagai eksplan, di mana satu bagian kecil hasil potongan eksplan dapat menghasilkan satu bibit tanaman.

Keberhasilan teknik kultur jaringan sangat ditentukan pada pemilihan media yang tepat (unsur hara makro dan mikro, vitamin, asam amino, sukrosa, dan zat pengatur tumbuh), kondisi yang aseptik, dan faktor lingkungan. Media kultur telah dikomposisikan untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Selain ZPT, faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan kultur jaringan ialah pemilihan eksplan. Pemilihan eksplan lebih baik dipilih dari bagian tanaman yang bersifat meristematik karena sel-selnya masih aktif membelah dan mempunyai daya regenerasi lebih tinggi. Ironistnya, perbanyakan tanaman di Indonesia dengan sistem kultur jaringan sampai saat ini masih terbatas. Metode kultur jaringan mempunyai prospek pengembangan dan pelaksanaan perbanyakan tanaman yang sangat baik dari segi hasil dan mutu, di mana bibit yang dihasilkan dalam waktu yang relatif lebih cepat dan bebas patogen.

Tujuan Pelatihan / Training Kultur Jaringan Tanaman

Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi kultur jaringan kepada masyarakat umum, sehingga dapat diterapkan dalam bidang pertanian. Pada pelatihan ini para peserta pelatihan akan diajarkan tentang teknik-kultur jaringan seperti; Pemilihan eksplan, cara membuat media dasar dan modifikasi media alternatif kultur jaringan, sterilisasi, inokulasi dalam botol, teknik aklimatisasi, cara pembuatan dan pengelolaan laboratorium skala rumah tangga, pembuatan dan pengelolaan nursery, dan kiat dalam berbisnis di bidang kultur jaringan.

Materi Pelatihan / Training Kultur Jaringan Tanaman

  1. Pengenalan Lab. Kultur Jaringan
  2. Pengenalan alat dan bahan kultur jaringan
  3. Pembuatan media organik
  4. Sterilisasi alat, bahan, media, eksplan
  5. Teknik inisiasi dari mata tunas, biji, atau organ tanaman lain
  6. Materi berbagai teknik kultur jaringan stek mikro, kultur meristhem, kultur anther, mutasi, poliploidi, kloning
  7. Subkultur, peremajaan, penjarangan, penyelamatan
  8. Materi tambahan aklimatisasi dan penyilangan
  9. Diskusi melalui permasalahan kultur jaringan, pembuatan dan pengelolaan laboratorium, serta potensi bisnis kultur jaringan

Instruktur Pelatihan / Training Kultur Jaringan Tanaman

Dody Kastono, SP, MP dan tim

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Kultur Jaringan Tanaman

  • 3 (tiga) hari kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta,  Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch/2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Kultur Jaringan Tanaman hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011.

2 thoughts on “Pelatihan Kultur Jaringan Tanaman

    1. Informasi kami balas melalui email.
      Anda juga dapat langsung kontak kami melalui nomer telp/wa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.