ENGINEERINGMECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri

Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin IndustriPelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri

Permesinan merupakan salah satu bagian yang penting dalam dunia industri dan rekayasa atau engineering karena di dalam dunia industri maupun engineering pasti menjumpai berbagai jenis dari permesinan, sebagai contoh pada dunia industri otomotif pasti banyak menggunakan mesin-mesin perkakas, seperti mesin bubut, mesin milling, machining center, mesin broaching, dan berbagai jenis mesin lainnya.

Dalam penggunaan mesin – mesin tersebut tentu saja terdapat komponen – komponen penyusun dimana komponen – komponen tersebut telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi beban kerja operasi tertentu dalam rentang waktu atau umur tertentu. Dalam merancang komponen – komponen mesin digunakan faktor keamanan atau safety factor untuk mengompensasi beban atau kondisi operasi yang melampaui batasan nilai beban atau kondisi pada saat perancangan. Selain adanya faktor keamanan atau safety factor, pada saat perancangan juga dilakukan perhitungan umur atau waktu kerja dari komponen – komponen penyusun mesin tersebut, dimana pada waktu kerja ini, beban juga dibatasi dengan nilai tertentu. Dengan memprioritaskan faktor keamanan dan umur komponen penyusun mesin pada saat perancangan mesin tersebut, diharapkan hal ini dapat memermudah tindakan preventive dan maintenance dari mesin tersebut, sehingga tidak terjadi kegagalan komponen mesin yang dapat mengganggu sistem kerja keseluruhan.

Namun, adanya faktor – faktor eksternal menjadikan komponen – komponen penyusun mesin mengalami kegagalan di luar perkiraan dan perhitungan dari perancangan. Faktor eksternal yang dapat merusak komponen – komponen penyusun mesin salah satunya adalah kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan yang dimaksud adalah seperti lingkungan asam, lingkungan korosif, lingkungan dengan suhu tinggi yang ekstrim, lingkungan dengan suhu rendah yang ekstrim, lingkungan dengan perubahan kondisi yang ekstrim, dan berbagai jenis keadaan lainnya.

Adapun jenis – jenis dari kegagalan pada komponen mesin antara lain adalah kegagalan akibat kesalahan perancangan, kegagalan akibat kelelahan atau fatigue, kegagalan karena adanya retakan atau crack, kegagalan akibat korosi, kegagalan akibat penggetasan material, dan berbagai jenis kegagalan lainnya. Pada kegagalan akibat kesalahan perancangan biasanya terjadi karena kesalahan pemilihan material atau juga kesalahan penentuan beban kerja. Namun juga dapat terjadi karena kesalahan geometri rancangan komponen mesin tersebut yang menimbulkan adanya konsentrasi tegangan. Sedangkan pada kegagalan akibat kelelahan atau fatigue diakibatkan adanya beban kerja dinamis pada komponen mesin. Kegagalan akibat adanya retakan atau crack memiliki sebab yang banyak jenisnya, salah satunya adalah adanya initial crack dari awal pembuatan komponen itu sendiri karena mungkin adanya kesalahan dalam proses pencetakan. Kegagalan akibat korosi dapat disebabkan karena komponen mesin tersebut bekerja pada kondisi lingkungan yang bersifat asam.

Dalam training ini akan dibahas mengenai pemilihan bahan dan proses untuk mengganti komponen – komponen mesin industri. Dengan mengikuiti training ini diharapkan para peserta training dapat memahami ilmu pemilihan bahan dan juga cara mengganti komponen – komponen mesin industri, yang kemudian dapat mengimplementasikan ilmu tersebut di berbagai bidang, seperti perancangan dan perawatan.

Materi Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri

  1. The Map of Engineering Material Classification Related to Their Services
  2. Basic Theory of Engineering Materials Related to Their Applications
  3. Material Properties and Their Significant Use In Service
  4. Common Engineering Materials Used in Industries
  5. The Important of Material and Component Standards; ASTM; ASME; SAE; API; UNS; JIS; DIN
  6. The Concept of Material Selection
  7. Production Processes of Some Raw Products
  8. Case Study of Some Material Selections

Peserta Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri

Designer, Maintenance Manager / Superintendent / Supervisor / Engineer

Instruktur Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.