ENGINEERINGMECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor System

Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor SystemPelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor System adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor System diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor System

Belt conveyor adalah salah satu jenis dari material handling dengan media sabuk konveyor. Belt conveyor merupakan salah satu material handling yang dapat memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain dengan sifat kontinyu. Material yang dapat dibawa oleh belt conveyor pun bermacam-macam, dapat berupa material padat, material serbuk, atau pun material campuran padat dan cair. Contoh dari material padat adalah komponen-komponen mesin atau produk, makanan, raw material suatu produk, dan lain – lain. Contoh dari material serbuk adalah pasir, serbuk kayu, serbuk kapur, dan lain-lain. Contoh dari material campuran padat dan cair adalah tanah-tanah hasil dari penggalian pertambangan emas, besi, dan lain – lain. Belt conveyor terdiri dari komponen mekanik dan elektronik. Komponen mekanik penyusun belt conveyor adalah belt, transmisi penggerak, roller penumpu, dan struktur penopang sistem belt conveyor. Komponen elektronik penyusun belt conveyor terdiri dari motor listrik sebagai penggerak, driver motor listrik, sensor-sensor, kontroler, control panel, power supply, dan lain – lain. Sensor-sensor yang biasanya digunakan dalam belt conveyor antara lain adalah sensor tekan (tactile sensor), sensor infra merah, sensor ultra sonic, encoder, sensor berat, dan lain-lain.

Keuntungan penggunaan belt conveyor terhadap jenis-jenis material handling lain adalah belt conveyor dapat memindahkan material dari satu tempat ke tempat lain dengan perbedaan jarak yang cukup jauh, belt conveyor dapat memindahkan material secara kontinyu sehingga proses pemindahan tidak terputus, lebih bersih dan higienis, waktu respon lebih cepat, dan biaya pembuatan belt conveyor relatif lebih murah dibandingkan jenis-jenis material handling lainnya.

Kerugian dari penggunaan belt conveyor terhadap jenis-jenis material handling lain adalah penggunaan area tempat yang cukup banyak, memiliki keterbatasan pada berat dan ukuran material (dalam bentuk pack) yang akan dipindahkan, dan untuk belt conveyor yang digunakan dengan jarak yang jauh dibutuhkan maintenance yang cukup panjang dan menghabiskan waktu lebih banyak.

Pengontrolan sistem belt conveyor cukup sederhana dibandingkan dengan jenis material handling lainnya. Pergerakan belt conveyor diatur dengan mengendalikan motor listrik yang merupakan penggerak dari belt conveyor itu sendiri. Pengendalian belt conveyor juga dibantu dengan adanya sensor – sensor yang terpasang pada parameter belt conveyor. Sedangkan kontroler untuk mengatur algoritma pergerakan belt conveyor biasanya adalah Programmable Logic Controller atau PLC. Jenis kontroler ini dapat dikatakan lebih sederhana dibandingkan dengan jenis kontroler lain seperti microcontroller.

Dilakukannya training ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi para operator maupun pengawas dalam memahami cara bekerja belt conveyor, mengerti cara merancang suatu belt conveyor, memahami cara mengoperasikan belt conveyor, dan memahami cara perawatan atau maintenance dari belt conveyor.

Materi Pelatihan Pemilihan Bahan dan Proses untuk Penggantian Komponen Mesin Industri

  1. Jenis-jenis conveyor
  2. Konfigurasi dasar dan layout
  3. Dasar-dasar perancangan belt conveyor
  4. Komponen-komponen dari standar belt conveyor
  5. Kapasitas belt conveyor dan pemilihan belt
  6. Pemilihan komponen pendukung: idler, pulley, dll
  7. Pemilihan dari penggerak (drive)
  8. Conveyor safety
  9. Perhitungan sederhana dari belt tension
  10. Maintenance dan troubleshooting :  jenis problem, cara mendeteksi, penyebab dan cara perbaikan/penanganannya
  11. Studi kasus

Peserta Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor System

Manager Perawatan, Plant Engineer, Design Engineer, Kontraktor belt conveyor system, serta orang – orang yang aktif dalam penggunaan, pengadaan dan pengoperasian belt conveyor.

Instruktur Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor System

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor System

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan Belt Conveyor System hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.