MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Autonomous Maintenance

Training Autonomous MaintenanceTraining Autonomous Maintenance adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Autonomous Maintenance diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Autonomous Maintenance

Pada dunia industri sering dikenal adanya istilah dalam hal perawatan atau maintenance, yaitu Total Productive Maintenance. Total Productive Maintenance atau disingkat dengan TPM adalah suatu sistem yang digunakan untuk memelihara dan meningkatkan kualitas produksi melalui perawatan perlengkapan dan peralatan kerja seperti mesin, equipment atau peralatan, dan alat-alat kerja. Fokus utama Total Productive Maintanance atau TPM ini adalah untuk memastikan semua perlengkapan dan peralatan produksi beroperasi dalam kondisi terbaik  sehingga menghindari terjadinya kerusakan ataupun keterlambatan dalam proses produksi.

Total Productive Maintenance (TPM) merupakan konsep inovatif Jepang yang berawal dari penerapan Preventive Maintenance pada tahun 1951. Konsep Preventive Maintenance ini sendiri merupakan konsep yang diadopsi dari Amerika Serikat. Nippondenso yang merupakan pemasok Toyota adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan konsep TPM pada tahun 1960 dengan slogan “Productivity Maintenance with total Employee Participation”. Seiichi Nakajima yang saat itu menjabat sebagai Vice Chairman JIOPM (Japan Institute of Plant Maintenance) kemudian dikenal sebagai bapak TPM.

Tujuan daripada TPM (Total Productive Maintenance) adalah untuk meningkatkan produktivitas pada perlengkapan dan peralatan produksi dengan investasi perawatan yang seperlunya sehingga mencegah terjadi  6 kerugian besar (Six Big Losses) yaitu breakdown, setup and adjustments, small stops, slow running, startup defect, dan production defect. Selain keenam kerugian yang disebutkan di atas, keuntungan lain penerapan Total Productive Maintenance (TPM) adalah dapat menghindari terjadinya kecelakaan kerja dan menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi karyawannya.

Pada Total Productive Maintenance terdapat delapan pilar yang merupakan penyusun dari Total Productive Maintenance itu sendiri. Delapan pilar itu adalah focused improvement, autonomous maintenance, planned maintenance, training and education, early management, quality maintenance, office TPM, dan safety, health, and environment. Pada training ini akan dibahas lebih lanjut tentang autonomous maintenance. Autonomous maintenance adalah pendekatan yang terstruktur untuk meningkatkan level keahlian personal agar dapat mengerti, mengatur, dan mengembangkan peralatan dan proses yang dikerjakan. Tujuan dari autonomous maintenance adalah untuk mengubah operator yang biasanya bersikap reaktif pada suatu pekerjaan, menjadi operator yang bersikap lebih proaktif. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kondisi optimal untuk mengurangi hal – hal yang disebutkan pada Six Big Losses.

Autonomous maintenance dipisahkan menjadi tiga tahap yang dilakukan pada suatu tim. Tahap pertama adalah dengan membuat dan mempertahankan suatu lingkungan dimana pada lingkungan itu seluruh anggota tim mampu mencapai keadaan dasar yang standard. Keadaan yang dimaksud adalah rutin untuk membersihkan, melakukan inspeksi, dan pelumasan pada perangkat untuk memastikan bahwa kondisi kerja sudah terkontrol. Tahap kedua adalah dengan melakukan training pada tim dengan materi operasi dasar dan detail pada suatu perlengkapan atau equipment. Tahap yang terakhir adalah dengan memberikan para operator suatu kepemilikan dan tanggung jawab penuh pada perlengkapan tertentu yang ditujukan khusus untuk operator tersebut dan selanjutnya dapat dipertahankan dan dikembangkan.

Dalam training ini para peserta training akan diberikan materi seperti yang sebagian besar telah dijelaskan pada uraian di atas agar dapat menerapkan sistem autonomous maintenance pada berbagai bidang dengan baik.

 

Materi Pelatihan / Training Autonomous Maintenance

  1. Overview of maintenance concepts
  2. Total Predictive Maintenance: the 8th Pillars
  3. Autonomous maintenance: what and why
  4. Autonomous maintenance in mechanical equipment
  5. Building the System: overcoming resistance to change
  6. Building the System: the roles of operators and rest of the organization
  7. Case Study

 

Peserta Pelatihan / Training Autonomous Maintenance

Training ini secara khusus ditujukan bagi staff, operator,supervisor dan engineer

 

Instruktur Pelatihan / Training Autonomous Maintenance

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

 

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Autonomous Maintenance

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Training Autonomous Maintenance hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011, 0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.