MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Bearing Technology and Lubrication System

Running tanggal 22 – 24 Oktober 2019 di Hotel Noor Bandung

Training Bearing Technology and Lubrication SystemTraining Bearing Technology and Lubrication System adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Bearing Technology and Lubrication System diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Bearing Technology and Lubrication System

Bearing atau bantalan adalah elemen mesin yang menumpu poros berbeban, sehingga putaran atau gerak bolak-baliknya dapat berlangsung secara halus, aman, dan panjang umur. Bantalan harus cukup kokoh untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik. Jika bantalan tidak berfungsi dengan baik maka prestasi seluruh sistem akan menurun atau tak dapat bekerja secara semestinya. Jadi, bantalan dalam permesinan dapat disamakan peranannya dengan pondasi pada gedung.

Bantalan dapat diklasifikasikan sebagai dua jenis, yaitu atas dasar gerakan bantalan terhadap poros dan atas dasar arah beban terhadap poros. Jenis bantalan atas dasar gerakan bantalan terhadap poros dibedakan menjadi dua macam, yaitu bantalan luncur dan bantalan gelinding. Pada bantalan luncur terjadi gesekan luncur antara poros dan bantalan karena permukaan poros ditumpu oleh permukaan bantalan dengan perantaraan lapisan pelumas. Sedangkan pada bantalan gelinding terjadi gesekan gelinding antara bagian yang berputar dengan yang diam melalui elemen gelinding seperti bola, rol atau rol jarum, dan rol bulat. Jenis bantalan atas dasar arah beban terhadap poros dibedakan menjadi tiga macam, yaitu bantalan radial, aksial dan gelinding khusus. Pada bantalan radial, arah beban yang ditumpu oleh bantalan ini adalah tegak lurus sumbu poros. Pada bantalan aksial, arah beban yang ditumpu oleh bantalan ini adalah sejajar sumbu poros. Sedangkan pada bantalan gelinding khusus, bantalan ini dapat menumpu beban yang arahnya sejajar dan tegak lurus sumbu poros.

Pada berbagai jenis mesin dan peralatan yang sedang bergerak, akan terjadi peristiwa pergesekan antara logam. Oleh karena itu akan terjadi peristiwa pelepasan partikel – partikel dari pergesekan tersebut. Keadaan dimana logam melepaskan partikel disebut aus atau keausan. Untuk mencegah atau mengurangi keausan yang lebih parah yaitu memperlancar kerja mesin dan memperpanjang usia dari mesin dan peralatan itu sendiri, maka bagian – bagian logam dan peralatan yang mengalami gesekan tersebut diberi perlindungan ekstra. Pada dasarnya yang menjadi tugas pokok pelumas adalah mencegah atau mengurangi keausan sebagai akibat dari kontak langsung antara permukaan logam yang satu dengan permukaan logam lain terus menerus bergerak. Selain keausan dapat dikurangi, permukaan logam yang terlumasi akan mengurangi besar tenaga yang diperlukan akibat terserap gesekan, dan panas yang ditimbulkan oleh gesekan akan berkurang. Pelumas juga berfungsi sebagai penghantar panas. Pada mesin – mesin dengan kecepatan putaran tinggi, panas akan timbul pada bantalan bantalan sebagai akibat dari adanya gesekan yang banyak. Dalam hal ini pelumas berfungsi sebagai penghantar panas dari bantalan untuk mencegah peningkatan temperatur atau suhu mesin.

Suhu yang tinggi akan merusak daya lumas. Apabila daya lumas berkurang, maka gesekan akan bertambah dan selanjutnya panas yang timbul akan semakin banyak sehingga suhu terus bertambah. Akibatnya pada bantalan – bantalan tersebut akan terjadi kemacetan yang secara otomatis mesin akan berhenti secara mendadak. Oleh karena itu, mesin – mesin dengan kecepatan tinggi digunakan pelumas yang titik cairnya tinggi, sehingga walaupun pada suhu yang tinggi pelumas tersebut tetap stabil dan dapat melakukan pelumasan dengan baik.

Dengan mengetahui penjelasan di atas maka ilmu mengenai bantalan atau bearing dan pelumasan mesin penting untuk diketahui dan dipelajari, yang kemudian akan dibahas pada training ini.

Materi Pelatihan / Training Bearing Technology and Lubrication System

  1. Types of bearings
  2. Operating condition and environment of bearings
  3. Bearing lubrication
  4. Definisi pelumas
  5. Klasifikasi pelumas
  6. Parameter penting pada pelumas
  7. Aplikasi pelumasan pada berbagai jenis mesin

Peserta Pelatihan / Training Bearing Technology and Lubrication System

Maintenance Manager / Superintendent / Supervisor / Engineer.

Instruktur Pelatihan / Training Bearing Technology and Lubrication System

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Bearing Technology and Lubrication System

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Bearing Technology and Lubrication System hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011, 0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.