MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Boiler Operation and Maintenance

Training Boiler Operation and MaintenanceTraining Boiler Operation and Maintenance adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Boiler Operation and Maintenance diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Boiler Operation and Maintenance

Boiler atau pendidih alat untuk menghasilkan uap air, yang akan digunakan untuk pemanasan atau tenaga gerak. Pendidih atau boiler merupakan bagian terpenting dari penemuan mesin uap yang merupakan pemicu lahirnya revolusi industri. Dalam boiler ini dilakukan pembakaran bahan bakar, baik padat (misalnya batu bara), cair (misalnya fuel oil) atau gas alam (misalnya gas alam). Panas pembakaran yang dihasilkan kemudian dimanfaatkan untuk merubah air menjadi uap bersuhu tinggi untuk akhirnya disalurkan sebagai fluida penggerak turbin uap yang akan memutar generator listrik.

Pada boiler terdiri dari beberapa bagian, yaitu dapur pembakar, steam drum, water drum, super heater atau pemanas lanjut, pipa air atau header, air heater, dust collector, pembuangan gas bekas, air seal damper, ash rotary valve, soot blower, burner, dan blow down continue. Furnance adalah suatu ruangan dapur sebagai penerima bahan bakar untuk pembakaran, yang dilengkapi dengan fire grate pada bagian bawah diletakan rangka bakar sebagai alas bahan bakar. Drum atas berfungsi sebagai tempat pembentukan uap yang dilengkapi dengan sekat-sekat penahan butir-butir air untuk memperkecil kemungkinan air terbawa uap. Pada steam drum itulah pembuatan uap pada ketel terjadi.  Drum bawah berfungsi sebagai tempat pemanasan air ketel yang didalamnya di pasang plat-plat pengumpul endapan lumpur untuk memudahkan pembuangan keluar (Blow Down). Water drum terletak dibagian bawah, adalah suatu tabung atau bejana yang berisi air sebagai penguhubung pipa-pipa ketel dari steam drum. Uap yang berasal dari penguapan di dalam drum atas belum dapat dipergunakan oleh turbin uap, oleh karenanya harus dilakukan pemanasan uap lanjut melalui pipa uap pemanas lanjut (Superheater Pipe).. Pipa-pipa pemanas uap lanjut dipasang di dalam ruang pembakaran kedua, hal ini mengakibatkan uap basah yang dialirkan melalui pipa tersebut akan mengalami pemanasan lebih lanjut. Pipa-pipa air berfungsi sebagai tempat pemanasan air ketel yg dibuat sebanyak mungkin hingga penyerapan panas lebih merata dengan efisiensi tinggi. Air heater adalah alat pemanas udara penghembus bahan bakar. Prinsip kerja air heater yaitu memanaskan udara yang lewat disela-sela pipa dialirkan udara hembusan dari F.D.F yang lewat di sekitar pipa-pipa yang di dalamnya mengalir gas bekas dari pembakaran bahan bakar. Dust collector adalah alat pengumpul abu atau penangkap abu pada sepanjang aliran gas pembakaran bahan bakar sampai kepada gas buang. Gas bekas setelah ruang pembakaran kedua dihisap oleh blower isap (Induced Draft Fan) melalui saringan abu (Dust Colector) kemudian dibuang ke udara bebas melalui cerobong asap (Chimney). Air seal damper adalah alat yang terdiri dari dua buah damper atas dan bawah yang bekerja membuka dan menutup secara bergantian. Soot Blower adalah alat yang berfungsi sebagai pembersih jelaga atau abu yang menempel pada pipa-pipa. Alat ini berada pada dinding-dinding samping kanan kiri ketel. Sedangkan burner adalah alat yang berfungsi sebagai penyemprot bahan bakar cair misalnya solar, residu, dll. Blow down continue adalah pembuangan air ketel yang dilakukan secara terus menerus. Adapun air ketel yang dibuang tersebut diambilkan dari steam drum yaitu pada permukaan air.

Sebagai sebuah komponen yang dituntut untuk bekerja kontinyu selama beberapa bulan, boiler harus dioperasikan dan dirawat dengan baik. Penurunan unjuk kerja atau kerusakan pada boiler akan sangat merugikan bagi perusahaan penyedia energi yang mengoperasikan boiler tersebut. Oleh karena itu pada training ini akan dibahas mengenai cara kerja boiler dan perawatannya, sehingga peserta training akan dapat mengaplikasikan ilmu ini pada berbagai bidang.

 

Materi Pelatihan / Training Boiler Operation and Maintenance

  1. Prinsip kerja dan komponen-komponen boiler
  2. Operasi boiler termasuk instrumentasi dan kontrol instalasi boiler
  3. Diagnosa operasi termasuk peningkatan efisiensi
  4. Water treatment
  5. Pemeliharaan boiler
  6. Troubleshooting

 

Peserta Pelatihan / Training Boiler Operation and Maintenance

Praktisi, operator atau staf bagian perawatan pada perusahaan penghasil tenaga listrik atau pada industri yang mengoperasikan banyak boiler (misalnya industri perminyakan, pertambangan, kimia dll). Peserta training berpendidikan minimal Sekolah Menengah Kejuruan dari bidang Teknik.

 

Instruktur Pelatihan / Training Boiler Operation and Maintenance

Dr. Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D. (Staf Pengajar Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM Yogyakarta)

 

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Boiler Operation and Maintenance

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Boiler Operation and Maintenance hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011, 0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.