ENGINEERINGMECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Combustion Engineering

Training Combustion EngineeringTraining Combustion Engineering adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Combustion Engineering diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Combustion Engineering

Proses pembakaran atau combustion adalah suatu proses yang sangat penting dalam bidang konversi energi, sebab melalui proses pembakaran ini energi yang terkandung dalam bahan bakar fosil (batubara, minyak bumi, gas alam , dan lain – lain) dapat dikonversi menjadi energi panas maupun energi kinetik agar dapat dimanfaatkan lebih lanjut. Pembakaran dibedakan menjadi dua, yaitu Internal Combustion Engine atau ICE dan External Combustion Engine atau ECE. Mesin pembakaran dalam adalah sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas-gas panas bertekanan tinggi hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara, yang berlangsung di dalam ruang tertutup dalam mesin, yang disebut ruang bakar (combustion chamber). Mesin pembakaran dalam sendiri biasanya merujuk kepada mesin yang pembakarannya dilakukan secara berselang-seling. Mesin pembakaran dalam berbeda dengan mesin pembakaran luar (contohnya mesin uap dan mesin Stirling), karena pada mesin pembakaran luar, energinya tidak disalurkan ke fluida kerja yang tidak bercampur dengan hasil pembakaran. Fluida kerja ini dapat berupa udara, air panas, air bertekanan, atau cairan natrium yang dipanaskan di semacam boiler. Sebuah mesin piston bekerja dengan membakar bahan bakar hidrokarbon atau hidrogen untuk menekan sebuah piston, sedangkan sebuah mesin jet bekerja dengan panas pembakaran yang mendorong bagian dalam nozzle dan ruang pembakaran, sehingga mendorong mesin ke depan. Secara kontras, sebuah mesin pembakaran luar seperti mesin uap, bekerja ketika proses pembakaran memanaskan fluida yang bekerja terpisah, seperti air atau uap, yang kemudian melakukan kerja. Yang termasuk dalam mesin pembakaran dalam adalah mesin empat tak dan mesin dua tak, dan beberapa tipe mesin lainnya, misalnya mesin wankel. Selain itu, mesin jet dan beberapa mesin roket termasuk dalam mesin pembakaran dalam.

Sedangkan contoh dari pembakaran luar adalah boiler. Boiler atau pendidih alat untuk menghasilkan uap air, yang akan digunakan untuk pemanasan atau tenaga gerak. Pendidih atau boiler merupakan bagian terpenting dari penemuan mesin uap yang merupakan pemicu lahirnya revolusi industri. Dalam boiler ini dilakukan pembakaran bahan bakar, baik padat (misalnya batu bara), cair (misalnya fuel oil) atau gas alam (misalnya gas alam). Panas pembakaran yang dihasilkan kemudian dimanfaatkan untuk merubah air menjadi uap bersuhu tinggi untuk akhirnya disalurkan sebagai fluida penggerak turbin uap yang akan memutar generator listrik.

Pada boiler terdiri dari beberapa bagian, yaitu dapur pembakar, steam drum, water drum, super heater atau pemanas lanjut, pipa air atau header, air heater, dust collector, pembuangan gas bekas, air seal damper, ash rotary valve, soot blower, burner, dan blow down continue.

Pada dunia industri dan pertambangan, pembakaran adalah proses yang sangat penting karena merupakan proses utama dari hampir keseluruhan bidang industri maupun pertambangan. Pada training ini dibahas lebih lanjut mengenai pembakaran atau combustion sehingga para peserta dapat memahami dan mendalami hal – hal mengenai pembakaran dan diharapkan dapat mengimpelentasikan ilmu pada training ini pada berbagai bidang.

 

Materi Pelatihan / Training Combustion Engineering

  1. Bahan bakar dan penanganannya
  2. Karakteristik proses pembakaran
  3. Furnace atau heater dan boiler
  4. Termodinamika pembakaran meliputi: reaksi pembakaran, kaloric valueair fuel ratio, perhitungan pembakaran, perhitungan efisiensi pembakaran.
  5. Pemeliharaan dan troubleshooting
  6. Praktek menggunakan Combustion Laboratory Unit dan Concentric Jet Flame-Experiment Unit
  7. Diagnosa operasi furnace
  8. Studi Kasus

Peserta Pelatihan / Training Combustion Engineering

Teknisi, engineer, supervisor yang bekerja pada bidang pemeliharaan dan operasi furnace atau boiler, steam atau gas power plant untuk berbagai macam industri perminyakan dan industri lainnya

Instruktur Pelatihan / Training Combustion Engineering

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Combustion Engineering

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Combustion Engineering hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.