MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Control System for Non-Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance

Training Control System for Non-Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and MaintenanceTraining Control System for Non-Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Control System for Non-Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Control System for Non Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance

Dalam dunia industri sering sekali digunakan sistem otomasi untuk meningkatkan produktifitas suatu industri. Sistem otomasi adalah suatu sistem tanpa adanya keterlibatan manusia atau operator secara langsung, yang biasa disebut autonomous, dimana sistem ini berfungsi untuk mengontrol suatu proses tertentu. Pada dunia industri, sistem otomasi banyak digunakan pada sistem material handling, sehingga disebut material handling automation. Hal ini dilakukan untuk mengurangi waktu handling dari satu pos ke pos liannya. Jika handling ini dilakukan oleh operator bisa jadi terjadi kenaikan waktu handling karena banyak faktor, salah satunya adalah faktor kelelahan. Namun jika menggunakan sistem otomasi pada material handling, tidak aka nada faktor kelelahan sehingga waktu handling akan dapat terkendali. Selain untuk mengurangi waktu handling otomasi juga banyak dilakukan untuk mengurangi machining time pada proses pemesinan. Dengan menurunkan waktu handling dan machining time maka production time atau cycle time suatu produk akan berkurang juga, dengan kata lain kuantitas produksi akan meningkat.

Sistem otomasi terdiri dari beberapa penyusun, antara lain sistem aktuator, sensor, kontroler, control panel, dan power supply. Sistem aktuator sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu motor listrik, pneumatic atau biasa juga disebut air cylinder, dan hidrolik. Untuk mengendalikan sistem otomasi diperlukan adanya sensor – sensor sebagai input parameter sistem otomasi yang dimasukkan pada kontroler, kemudian kontroler tersebut yang mengendalikan sistem otomasi. Salah satu penyusun yang sulit untuk dibuat adalah kontroler yang berisi sistem kontrol dari algortima yang digunakan dalam sistem otomasi. Sistem kontrol dapat dibuat dalam berbagai jenis, antara lain Programmable Logic Controler (PLC), microcontroller, atau juga microprocessor. Namun pada industri lebih sering digunakan Programmable Logic Controler atau PLC karena penggunaannya yang lebih mudah untuk dibuat sistem kontrolnya. Sedangkan untuk menopang sistem otomasi dan sistem kontrolnya dibutuhkan adanya power supply.

Pada training ini akan dibahas mengenai konsep dasar dari sistem kendali, yang biasanya digunakan untuk sistem otomasi pada industri. Selain itu akan dibahas mengenai cara untuk membuat sistem kontrol itu sendiri, baik menggunakan bahasa pemrograman, atau menggunakan software – software yang biasanya digunakan pada industri untuk membuat sistem kendali, misalkan menggunakan software Omron untuk memrogram Programmable Logic Controller atau PLC. Pada training ini, pembahasan akan dibuat sesederhana mungkin sehingga peserta yang tidak memiliki dasar control engineering dapat menguasai ilmu kendali ini. Selain itu, pada training ini juga akan dibahas mengenai cara untuk tuning dari program yang telah dibuat. Terdapat banyak cara untuk tuning program, baik menggunakan Proporsional-Integral-Derivative Controller atau PID, maupun menggunakan sistem kontrol kecerdasan buatan, seperti Fuzzy Logic Controller. Selain itu, pada training ini juga akan dibahas cara untuk maintenance dari sistem kendali tersebut.

Diharapkan dari training ini, para peserta dapat memahami ilmu – ilmu tersebut dan mengimplementasikan ilmu tersebut pada berbagai bidang, misalkan sistem otomasi industri.

Materi Pelatihan / Training Control System for Non Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance

  1. Konsep dasar sistem kendali
  2. Transformasi Leplace
  3. Pemodelan matematis untuk berbagai macam proses
  4. Transfer Function
  5. Sistem Pneumatik dan elektrik
  6. Sistem kendali open-loop
  7. Sistem kendali close-loop
  8. Karakteristik Controller
  9. Jenis sensor dan karakteristiknya
  10. Jenis aktuator dan karakteristiknya
  11. Frequency Respon sistem kendali
  12. Optimasi sistem kendali
  13. Programmable Logic Controller
  14. Perawatan dan trouble shooting

Peserta Pelatihan / Training Control System for Non Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance

Praktisi, operator, pelaksana, dan pihak-pihak yang selalu berhubungan dengan perawatan bangunan (gedung-gedung, bangunan industri, bangunan air atau bangunan jalan).

Instruktur Pelatihan / Training Control System for Non Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D.

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Control System for Non Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Control System for Non Control Engineer : Basic Concept, Operation, Tuning, and Maintenance hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.