MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Diesel Engines : Operation and Maintenance

Training Diesel Engines : Operation and MaintenanceTraining Diesel Engines : Operation and Maintenance adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Diesel Engines : Operation and Maintenance diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Diesel Engines : Operation and Maintenance

Motor bakar diesel biasa disebut juga dengan mesin diesel (atau mesin pemicu kompresi) adalah motor bakar pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Mesin ini tidak menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas. Mesin diesel memiliki efisiensi termal terbaik dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam maupun pembakaran luar lainnya, karena memiliki rasio kompresi yang sangat tinggi. Mesin diesel kecepatan-rendah (seperti pada mesin kapal) dapat memiliki efisiensi termal lebih dari 50%. Mesin diesel dikembangkan dalam versi dua-tak dan empat-tak. Mesin ini awalnya digunakan sebagai pengganti mesin uap. Sejak tahun 1910-an, mesin ini mulai digunakan untuk kapal dan kapal selam, kemudian diikuti lokomotif, truk, pembangkit listrik, dan peralatan berat lainnya.

Mesin diesel menggunakan prinsip kerja hukum Charles, yaitu ketika udara dikompresi maka suhunya akan meningkat. Udara disedot ke dalam ruang bakar mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat dengan rasio kompresi antara 15:1 dan 22:1 sehingga menghasilkan tekanan 40-bar (4.0 MPa; 580 psi), dibandingkan dengan mesin bensin yang hanya 8 to 14 bar (0.80 to 1.40 MPa; 120 to 200 psi). Tekanan tinggi ini akan menaikkan suhu udara sampai 550 °C (1,022 °F). Beberapa saat sebelum piston memasuki proses kompresi, bahan bakar diesel disuntikkan ke ruang bakar langsung dalam tekanan tinggi melalui nozzle dan injektor supaya bercampur dengan udara panas yang bertekanan tinggi. Injektor memastikan bahwa bahan bakar terpecah menjadi butiran-butiran kecil dan tersebar merata. Uap bahan bakar kemudian menyala akibat udara yang terkompresi tinggi di dalam ruang bakar. Awal penguapan bahan bakar ini menyebabkan sebuah waktu tunggu selagi penyalaan, suara detonasi yang muncul pada mesin diesel adalah ketika uap mencapai suhu nyala dan menyebabkan naiknya tekanan diatas piston secara mendadak. Oleh karena itu, penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar mulai dilakukan saat piston mendekati (sangat dekat) TMA untuk menghindari detonasi. Penyemprotan bahan bakar yang langsung ke ruang bakar di atas piston dinamakan injeksi langsung (direct injection) sedangkan penyemprotan bahan bakar kedalam ruang khusus yang berhubungan langsung dengan ruang bakar utama di mana piston berada dinamakan injeksi tidak langsung (indirect injection).

Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran mengembang dengan cepat, mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga linear. Batang penghubung (connecting rod) menyalurkan gerakan ini ke crankshaft dan oleh crankshaft tenaga linear tadi diubah menjadi tenaga putar. Tingginya kompresi menyebabkan pembakaran dapat terjadi tanpa dibutuhkan sistem penyala terpisah (pada mesin bensin digunakan busi), sehingga rasio kompresi yang tinggi meningkatkan efisiensi mesin. Meninggikan rasio kompresi pada mesin bensin hanya terbatas untuk mencegah kerusakan pra-penyalaan.

Sebagai sebuah komponen yang dituntut untuk bekerja kontinyu, mesin diesel harus dioperasikan dan dirawat dengan baik. Penurunan unjuk kerja atau kerusakan pada mesin diesel akan sangat merugikan bagi perusahaan atau industri yang menggunakan mesin diesel tersebut. Oleh karena itu pada training ini akan dibahas mengenai cara kerja mesin diesel dan perawatannya, sehingga peserta training akan dapat mengaplikasikan ilmu ini pada berbagai bidang.

 

Materi Pelatihan / Training Diesel Engines : Operation and Maintenance

  1. Prinsip kerja dan komponen motor diesel
  2. Instalasi motor diesel dan perhitungannya
  3. Operasi motor diesel
  4. Unjuk kerja motor diesel dan pengujiannya
  5. Pendinginan motor diesel
  6. Pemeliharaan
  7. Troubleshooting

 

Peserta Pelatihan / Training Diesel Engines : Operation and Maintenance

Praktisi, operator atau staf bagian perawatan pada perusahaan atau industri yang mengoperasikan banyak motor diesel (misalnya perusahaan transportasi, pembangkit tenaga listrik, industri kimia, dll.) Peserta training berpendidikan minimal Sekolah Menengah Kejuruan dari bidang Teknik, SMU yang berpengalaman.

 

Instruktur Pelatihan / Training Diesel Engines : Operation and Maintenance

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

 

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Diesel Engines : Operation and Maintenance

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Diesel Engines : Operation and Maintenance hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

4 thoughts on “Training Diesel Engines : Operation and Maintenance

    1. Untuk biaya training : engineering 7 jt/ peserta selama 3 hari
      Non engineering 6,5 jt/ peserta selama 3 hari
      *biaya diatas belum termasuk penginapan dan pajak
      Untuk lamanya kami bisa fleksible pak dan biayanya nanti menyesuaikan.
      Info lebih lanjut dapat menghubungi: 0274 2820009 atau 087739891000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.