MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Electro Pneumatic and Electro Hydraulic

Training Electro Pneumatic and Electro HydraulicTraining Electro Pneumatic and Electro Hydraulic adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Electro Pneumatic and Electro Hydraulic diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Electro Pneumatic and Electro Hydraulic

Dalam dunia industri sering sekali digunakan sistem otomasi untuk meningkatkan produktifitas suatu industri. Sistem otomasi adalah suatu sistem tanpa adanya keterlibatan manusia atau operator secara langsung, yang biasa disebut autonomous, dimana sistem ini berfungsi untuk mengontrol suatu proses tertentu. Pada dunia industri, sistem otomasi banyak digunakan pada sistem material handling, sehingga disebut material handling automation. Hal ini dilakukan untuk mengurangi waktu handling dari satu pos ke pos liannya. Jika handling ini dilakukan oleh operator bisa jadi terjadi kenaikan waktu handling karena banyak faktor, salah satunya adalah faktor kelelahan. Namun jika menggunakan sistem otomasi pada material handling, tidak aka nada faktor kelelahan sehingga waktu handling akan dapat terkendali. Selain untuk mengurangi waktu handling otomasi juga banyak dilakukan untuk mengurangi machining time pada proses pemesinan. Dengan menurunkan waktu handling dan machining time maka production time atau cycle time suatu produk akan berkurang juga, dengan kata lain kuantitas produksi akan meningkat.

Sistem otomasi terdiri dari beberapa penyusun, antara lain sistem aktuator, sensor, kontroler, control panel, dan power supply. Sistem aktuator sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu motor listrik, pneumatic atau biasa juga disebut air cylinder, dan hidrolik. Terdapat perbedaan antara pneumatik dan hidrolik, yaitu fluida yang digunakan pada pneumatik adalah fluida berjenis kompresibel atau dapat terkompresi (misal, udara), sedangkan fluida yang digunakan pada hidrolik adalah fluid berjenis inkompresibel atau tidak dapat terkompresi (misal, minyak, oli, dll). Dengan mengetahui hal ini maka penggunaan pneumatik dan hidrolik pun dibedakan, yaitu pneumatik digunakan pada beban kerja yang relatif kecil dibandingkan dengan hidrolik yang digunakan pada beban kerja yang besar.

Pengendalian antara pneumatik dan hidrolik pada dasarnya adalah sama, hal yang membedakan adalah pada pneumatik, komponen – komponen yang digunakan untuk mengendalikan pergerakan adalah komponen – komponen untuk fluida kompresibel (misal, udara), sedangkan pada hidrolik, komponen – komponen yang digunakan untuk mengendalikan pergerakan adalah komponen – komponen untuk fluida inkompresibel (misal, minyak). Pengendalian pneumatik dan hidrolik sama – sama diatur oleh suatu katup, biasanya disebut solenoid valve. Katup ini berfungsi untuk memindahkan arah aliran fluida pada ruang silinder yang berbeda, sehingga terjadi gerakan maju atau mundur pada piston di pneumatik atau hidrolik.

Dengan dilakukannya training ini diharapkan para peserta training dapat mengerti dan mendalami ilmu mengenai pneumatik maupun hidrolik sehingga dapat mengimplementasikan ilmu ini pada berbagai bidang.

Materi Pelatihan / Training Electro Pneumatic and Electro Hydraulic

  1. Kriteria pemilihan sistem: listrik /elektronik, pneumatik dan hidrolik.
  2. Pengetahuan fungsi dan simbol komponen pneumatik, dan elektrik.
  3. Gambar diagram rangkaian pneumatik dengan gerak kontrol mekanis.
  4. Kontrol pneumatik dengan pengendali mekanis/elektris.
  5. Sistem kontrol electro-pneumatic dengan metode : intuitif, cascade, dan shift-register.
  6. Pengetahuan fungsi dan simbol komponen electro-hydraulic.
  7. Aktuasi silinder dan sistem kontrol sekuensial.
  8. Rangkaian sistem hidrolik dengan pengendali elektrik.
  9. Metode latching untuk urutan gerak aktuator.
  10. Praktek electro-pneumatic dan praktek electro-hydraulic.

Peserta Pelatihan / Training Electro Pneumatic and Electro Hydraulic

Foreman, Technical Assistance, Mechanics, dan tenaga lapangan lainnya yang bertugas untuk mengendalikan sistem electro-pneumatic dan electro-hydraulic.

Instruktur Pelatihan / Training Electro Pneumatic and Electro Hydraulic

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Electro Pneumatic and Electro Hydraulic

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan /Training Electro Pneumatic and Electro Hydraulic hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.