MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Failure Mode and Effect Analysis

Training Failure Mode and Effect Analysis adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Failure Mode and Effect Analysis diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

 

Deskripsi Pelatihan / Training Failure Mode and Effect Analysis

Dalam dunia industri dan rekayasa atau engineering pasti banyak menggunakan komponen atau bahkan melakukan perancangan komponen yang digunakan untuk suatu sistem atau proyek, sebagai contoh pada dunia industri otomotif pasti banyak menggunakan komponen – komponen mesin perkakas. Sedangkan pada dunia engineering banyak dijumpai mesin – mesin baik dalam bidang konstruksi, transportasi, dan bidang – bidang lainnya.

Dalam penggunaan komponen – komponen yang disebutkan di atas, tentu saja komponen – komponen tersebut telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi beban kerja operasi tertentu dalam rentang waktu atau umur tertentu. Dalam merancang komponen – komponen tersebut digunakan faktor keamanan atau safety factor untuk mengompensasi beban atau kondisi operasi yang melampaui batasan nilai beban atau kondisi pada saat perancangan. Selain adanya faktor keamanan atau safety factor, pada saat perancangan juga dilakukan perhitungan umur atau waktu kerja dari komponen – komponen penyusun mesin tersebut, dimana pada waktu kerja ini, beban juga dibatasi dengan nilai tertentu. Dengan memprioriaskan faktor keamanan dan umur komponen penyusun mesin pada saat perancangan mesin tersebut, diharapkan hal ini dapat memermudah tindakan preventive dan maintenance dari mesin tersebut, sehingga tidak terjadi kegagalan komponen mesin yang dapat mengganggu sistem kerja keseluruhan.

Namun, adanya faktor – faktor eksternal menjadikan komponen – komponen penyusun mesin mengalami kegagalan di luar perkiraan dan perhitungan dari perancangan. Faktor eksternal yang dapat merusak komponen – komponen penyusun mesin salah satunya adalah kondisi lingkungan. Kondisi lingkungan yang dimaksud adalah seperti lingkungan asam, lingkungan korosif, lingkungan dengan suhu tinggi yang ekstrim, lingkungan dengan suhu rendah yang ekstrim, lingkungan dengan perubahan kondisi yang ekstrim, dan berbagai jenis keadaan lainnya.

Adapun jenis – jenis dari kegagalan pada komponen mesin antara lain adalah kegagalan akibat kesalahan perancangan, kegagalan akibat kelelahan atau fatigue, kegagalan karena adanya retakan atau crack, kegagalan akibat korosi, kegagalan akibat penggetasan material, dan berbagai jenis kegagalan lainnya. Pada kegagalan akibat kesalahan perancangan biasanya terjadi karena kesalahan pemilihan material atau juga kesalahan penentuan beban kerja. Namun juga dapat terjadi karena kesalahan geometri rancangan komponen mesin tersebut yang menimbulkan adanya konsentrasi tegangan. Sedangkan pada kegagalan akibat kelelahan atau fatigue diakibatkan adanya beban kerja dinamis pada komponen mesin. Kegagalan akibat adanya retakan atau crack memiliki sebab yang banyak jenisnya, salah satunya adalah adanya initial crack dari awal pembuatan komponen itu sendiri karena mungkin adanya kesalahan dalam proses pencetakan. Kegagalan akibat korosi dapat disebabkan karena komponen mesin tersebut bekerja pada kondisi lingkungan yang bersifat asam.

Dengan dilakukannya training ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada engineer, operator, pengawas, maupun elemen – elemen lain mengenai ilmu analisis kegagalan dari komponen mesin, struktur, atau komponen lainnya.

 

Materi Pelatihan / Training Failure Mode and Effect Analysis

  1. Definisi Kegagalan
  2. Jenis – jenis Kegagalan
  3. Penyebab Kegagalan
  4. Cara Mengidentifikasi Kegagalan
  5. Cara Mengatasi Kegagalan
  6. Desain mesin dan struktur : Perhitungan beban, dimensi, dan pemilihan material
  7. Analisis tegangan : Tegangan pada Struktur dan Faktor Keamanan
  8. Metode Analisis Kegagalan : Maximum Shear Stress Theory dan Maximum Energy Distrosion Theory
  9. Analisis Dampak dari Kegagalan
  10. Studi Kasus

 

Peserta Pelatihan / Training Failure Mode and Effect Analysis

Designer, Maintenance Manager / Superintendent / Supervisor / Engineer

 

Instruktur Pelatihan / Training Failure Mode and Effect Analysis

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D.

 

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Failure Mode and Effect Analysis

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Failure Mode and Effect Analysis hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.