ENGINEERINGMECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels

Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels

Pressure vessel atau bejana tekan adalah sebuah kontainer yang dirancang untuk menampung fluida (baik gas ataupun udara) pada tekanan yang berbeda dengan tekanan luar. Perbedaan tekanan ini membuat kondisi menjadi berbahaya dan banyak kecelakaan kerja pada bejana tekan yang telah terjadi. Untuk itu, perancangan, manufaktur, dan operasi dari bejana tekan telah dibuat regulasinya oleh lembaga keteknikan dan dijaga ketat mengenai regulasi tersebut. Pada bejana tekan terdapat beberapa parameter – parameter penting yang harus teliti ditinjau, seperti tekanan kerja aman maksimum, suhu kerja aman maksimum, nilai faktor keamanan yang tinggi, tingkat korosi yang diperbolehkan, dan suhu kerja aman minimum (untuk material getas). Pada bejana tekan ini juga terdapat beberapa pengujian untuk mengetahui kondisi dari bejana tekan tersebut, seperti ultrasonic testing dan radiography, yang termasuk dalam non-destructive test, dan pressure test dengan menggunakan media air, yang biasa disebut dengan nama hydrotest, namun juga bisa menggunakan media udara. Tetapi metode yang lebih dianjurkan adalah hydrotest karena lebih aman dan mengeluarkan energi yang lebih sedikit ketika akan terjadi keretakan dibandingkan dengan uji tekanan menggunakan udara atau gas lain, dimana jika uji tekanan dilakukan dengan udara atau gas lain, ketika terjadi kegagalan akan menyebabkan ledakan. Untuk membuat suatu bejana tekan dapat beroperasi, bejana tekan tersebut harus diuji terlebih dahulu oleh penguji atau inspector yang telah disertifikasi, dan kemudian bejana tekan tersebut akan diberi plat keterangan yang berisi informasi mengenai tekanan kerja maksimum yang diperbolehkan, suhu kerja maksimum, suhu kerja minimum, nama perusahaan yang memroduksi bejana tekan tersebut, tanggal, dan nomor registrasi untuk membuat bejana tekan tersebut dapat terpantau oleh pihak yang berwenang, seperti ASME atau American Society of Mechanical Engineers.

Bentuk dari bejana tekan terdapat bermacam – macam, yaitu berbentuk bola, tabung, kubus, maupun balok. Namun bentuk yang lebih banyak digunakan adalah bentuk tabung dengan bentuk tutup atau heads melengkung karena bentuk ini telah dianalisis memiliki tingkat keamanan kerja yang lebih tinggi dibandingkan bentuk lainnya. Oleh karena itu, dalam melakukan perancangan suatu bejana tekan, banyak yang harus diperhatikan, dengan meneliti terlebih dahulu kondisi kerja, sehingga didapatkan nilai – nilai dari tekanan kerja aman maksimum, suhu kerja aman maksimum, nilai faktor keamanan yang tinggi, tingkat korosi yang diperbolehkan, dan suhu kerja aman minimum (untuk material getas). Setelah melakukan perancangan dengan pengaturan parameter yang ketat, selanjutnya dibutuhkan inspeksi yang ketat juga untuk mendapatkan ijin dari pihak yang berwenang sebelum bejana tekan tersebut dioperasikan.

Pada training ini akan dibahas mengenai perancangan, spesifikasi, manufaktur, inspeksi, dan perawatan dari bejana tekan. Diharapkan peserta yang mengikuti training ini dapat mengerti dan mendalami ilmu ini dan menggunakannya pada berbagai bidang di lapangan.

Materi Pelatihan / Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels

  1. Pengenalan standard dan kode pressure vessel
  2. Persyaratan material dan spesifikasinya
  3. Desain konstruksi pressure vessel
  4. Prosedur fabrikasi pressure vessel
  5. Pengenalan peralatan inspeksi pressure vessel
  6. Teknik inspeksi pabrikasi pressure vessel
  7. Persyaratan operasi pressure vessel
  8. Stress relief pada pressure vessel
  9. Hydrostatic test pada pressure vessel

Peserta Pelatihan / Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels

Development geologists, reservoir engineers, petroleum engineers, production engineers / supervisors / managers, simulation atau stimulation engineers, drilling dan work over engineers, well completion & work over supervisors / managers, dan lain – lain.

Instruktur Pelatihan / Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Fundamentals Inspection and Fabrication of Pressure Vessels hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.