ENGINEERINGMECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Furnace Operations

Training Furnace OperationsTraining Furnace Operations adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Furnace Operations diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Furnace Operations

Furnace atau juga sering disebut dengan tungku pembakaran adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk pemanasan. Furnace sendiri sering dianalogikan dengan furnace sebagai keperluan industri yang digunakan untuk banyak hal, seperti pembuatan keramik, ekstraksi logam dari bijih (smelting) atau di kilang minyak dan pabrik kimia lainnya, misalnya sebagai sumber panas untuk kolom distilasi fraksional. Adapun bahan bakar yang paling umum untuk furnace modern adalah gas alam, termasuk LPG (Liquefied Petroleum Gas), bahan bakar minyak, batu bara atau kayu. Dalam beberapa kasus pemanasan resistensi listrik juga sering digunakan sebagai sumber panas, jika saja biaya listriknya rendah. Hampir seluruh furnace menggunakan bahan bakar cair, bahan bakar gas atau listrik sebagai masukan energinya. Furnace yang dibakar dengan minyak bakar hampir seluruhnya menggunakan minyak furnace, terutama untuk pemanasan kembali dan perlakuan panas bahan. Terdapat berbagai macam jenis furnace, yaitu seth bath furnace, vacuum furnace, fluidized-bed furnace, induction furnace, dan electric arc furnace.

Vacuum furnace adalah jenis furnace yang dapat memanaskan bahan, biasanya logam, pada temperatur sangat tinggi dan melaksanakan proses seperti mematri, sintering dan perlakuan panas dengan konsistensi tinggi dan kontaminasi rendah. Dalam sebuah vacuum furnace produk dalam tungku dikelilingi oleh ruang hampa. Tidak adanya udara atau gas lainnya mencegah perpindahan panas dengan produk melalui konveksi dan menghilangkan sumber kontaminasi. Sedangkan fluidized-bed furnace adalah tungku berbentuk silinder atau persegi dan terdiri sebuah tungku panjang dengan ruang yang cukup besar. Ruang tersebut digunakan untuk penyediaan ledakan udara atau distribusi gas ke perapian. Tungku induksi atau Tanur induksi bekerja dengan prinsip transformator dengan kumparan primer dialiri arus AC dari sumber tenaga dan kumparan sekunder. Kumparan sekunder yang diletakkan di dalam medan mahnit kumparan primer akan menghasilkan arus induksi. Berbeda dengan transformator, kumparan sekunder digantikan oleh bahan baku peleburan serta dirancang sedemikian rupa agar arus induksi tersebut berubah menjadi panas yang sanggup mencairkannya. Tanur Busur Listrik atau Electric Arc Furnance (EAF) adalah peralatan yang digunakan untuk proses pembuatan logam atau peleburan logam, dimana besi bekas dipanaskan dan dicairkan dengan busur listrik yang berasal dari elektroda ke besi bekas di dalam tanur.

Furnace adalah komponen penting dalam dunia industri, terutama pada industri pengolahan material, pembangkit listrik, dan lain – lain. Furnace ini merupakan komponen utama dalam industri – industri tersebut, oleh karena itu segala ilmu mengenai furnace sangatlah penting, seperti ilmu perancangan, pemilihan jenis, perakitan , pengoperasian, dan juga perawatan. Selain ilmu, pekerja – pekerja yang menangani furnace juga harus memiliki kemampuan yang memadai agar dapat mengaplikasikan ilmu – ilmu yang telah dijelaskan di atas.

Materi Pelatihan / Training Furnace Operations

  1. Definisi dan Konsep Kerja Furnace
  2. Proses yang Terjadi pada Furnace
  3. Jenis – Jenis Furnace
  4. Pemilihan Jenis Furnace
  5. Pengoperasian Furnace
  6. Perawatan Furnace

Peserta Pelatihan / Training Furnace Operations

Operator, engineer, supervisor di bidang maintenance, produksi, dll

Instruktur Pelatihan / Training Furnace Operations

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Furnace Operations

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Furnace Operations hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.