ENGINEERINGHEALT SAFETY AND ENVIRONMENT (HSE)TRAINING

Training Hazop Hazard Operability Study

Training Hazop Hazard Operability StudyTraining Hazop Hazard Operability Study adalah program training engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Hazop Hazard Operability Study diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

 

Deskripsi Pelatihan / Training Hazop Hazard Operability Study

Hazard merupakan sumber risiko yang dapat mengakibatkan kerugian baik material, lingkungan maupun manusia. Pengaruh manifestasi potensi bahaya di industri seringkali tidak hanya berakibat pada industri ataupun tenaga kerja di sana, tetapi juga mengakibatkan kerugian pada masyarakat maupun lingkungan sekitar industri, misalnya pada kasus kebakaran atau ledakan.

Dalam operasi industri, banyak menggunakan peralatan-peralatan yang menunjang kegiatan industri seperti reaktor, turbin dan yang lainnya yang memiliki potensi bahaya masing-masing pada setiap peralatan dan yang terkait dengan operasionalnya. Perlu adanya kajian bahaya untuk setiap peralatan industri untuk mengetahui potensi bahaya yang ada dari peralatan itu sendiri dan operasional peralatan tersebut sehingga risiko terjadinya kecelakaan dapat dicegah.

Hazard operability study atau HAZOPS merupakan salah satu teknik identifikasi dan analisis bahaya yang digunakan untuk meninjau suatu proses atau proses pada sebuah sistem secara sistematis. Selain itu HAZOPS juga dapat digunakan untuk menentukan apakah penyimpangan dalam suatu proses dapat mendorong ke arah kejadian atau kecelakaan yang tidak diinginkan. Karakteristik HAZOPS yang utama adalah sistematik, menggunakan struktur dan susunan yang tinggi dengan mengandalkan pada guide word dan gagasan tim untuk melanjutkan serta memastikan safe guard sesuai atau tidak dengan tempat atau objek yang sedang dikaji.

HAZOPS merupakan salah satu dari beberapa metode yang signifikan, sistematik dan berharga untuk untuk melakukan proses assessment, evaluasi dan pengujian proses dan rekayasa sistem yang digunakan untuk proses sistem yang sudah berjalan maupun yang akan diimplementasikan. Studi HAZOP saat ini telah menjadi landasan dalam proses desain dan modifikasi keselamatan kerja (safety).

Hazard and Operability Studies (HAZOPS) pertama kali dikembangkan oleh ICI, sebuah perusahaan kimia di Inggris. Pada awalnya, HAZOP lebih sering diimplementasikan pada industri kimia. Namun seiring dengan makin dibutuhkannya teknik-teknik analisis hazard, beberapa industri lain, misalnya industri makanan, farmasi, dan pertambangan (termasuk pengeboran minyak dan gas lepas pantai), juga telah banyak menerapkan HAZOPS. Tujuan utama dari HAZOPS adalah mengenali bahaya-bahaya (hazards) yang potensial (terutama yang membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan), dan berbagai macam masalah kemampuan operasional (operability) pada setiap proses akibat adanya penyimpangan-penyimpangan terhadap tujuan perancangan (design intent) proses-proses dalam pabrik yang sudah beraktifitas maupun pabrik yang baru/ akan dioperasikan.

Dengan mengikuti training ini, peserta diharapkan akan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep HAZOPS, mampu melakukan analisis bahaya dan penilain risiko ditempat kerja dengan metode/teknik HAZOPs, dan mampu mengembangkan sistem pengendalian bahaya dan risiko diperusahaan.

 

Materi  Pelatihan / Training Hazop Hazard Operability Study

  1. Hazop study (review)
  2. RCM (review), fault tree analysis (review)
  3. Failure and mode effect analysis (FMECA)
  4. Haz-R-op resul : generic FMEA, Task Selection/maintenance task risk ranking, recommendation
  5. Haz-R-op team
  6. Case Study

 

Peserta Pelatihan / Training Hazop Hazard Operability Study

Training ini dapat diikuti oleh karyawan dari berbagai departemen yang pekerjaannya berhubungan dengan  berbagai proses yang dapat mengancam keselamatan pekerja.

 

Instruktur Pelatihan / Training Hazop Hazard Operability Study

  • Yuni Kusumastuti, ST,M.Eng,D.Eng
  • Ir. Agus Prasetya,MA.Sc,Ph.D

 

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Hazop Hazard Operability Study

  • 3 (tiga) hari kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta,  Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch/2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Hazop Hazard Operability Study hubungi ibu Risma atau  ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011,0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.