MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Heavy Equipment Management

Training Heavy Equipment ManagementTraining Heavy Equipment Management adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Heavy Equipment Management diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Heavy Equipment Management

Eksistensi alat berat dalam proyek – proyek dewasa ini, baik proyek konstruksi maupun proyek manufaktur, sangatlah penting guna menunjang kebutuhan pembangunan pemerintah, baik dalam pembangunan infastruktur maupun dalam eksplore hasil – hasil tambang, misalnya semen dan batubara. Keuntungan-keuntungan dengan menggunakan alat-alat berat antara lain waktu yang sangat cepat, tenaga yang besar dan nilai-nilai ekonomis. Penggunaan alat berat yang kurang tepat dengan kondisi dan situasi lapangan pekerjaan akan berpengaruh berupa kerugian antara lain rendahnya produksi, tidak tercapainya jadwal atau target yang telah ditentukan atau kerugian biaya perbaikan yang tidak semestinya. Oleh karena itu, sebelum menentukan tipe dan jumlah peralatan dan attachmentnya sebaiknya dipahami terlebih dahulu fungsi dan aplikasinya.

Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah atau earthworking dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya atau power train, serta sistem kendali. Definisi alat berat tidak hanya pada pekerjaan konstruksi. Dalam pertanian, truk pengangkut, traktor dan sebagainya juga disebut sebagat alat berat. Tujuan dari penggunaan alat-alat berat tersebut adalah untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya, sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah dengan waktu yang relatif lebih singkat. Alat – alat berat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi antara lain adalah dozer, backoe, front shovel, clamshell, loader, truck, roller, compactor, dan lain – lain. Alat berat juga dapat dikategorikan ke dalam beberapa klasifikasi. Klasifikasi tersebut adalah klasifikasi fungsional alat berat dan klasifikasi operasional alat berat. Yang dimaksud dengan klasifikasi fungsional alat adalah pembagian alat tersebut berdasarkan fungsi-fungsi utama alat. Berdasarkan fungsinya alat berat dapat dibagi antara lain alat pengoah lahan (crawler tractor dozer dan wheel tractor dozer), alat penggali (front shovel, backhoe, dan clamshell), alat pengangkut material (truk, belt, dan wagon), alat pemindahan material (loader dan dozer), alat pemadat (tamping roller, pneumatictiredroller, compactor, dan lain-lain), alat pemroses material (crusher dan concrete mixer truck), dan alat penempatan akhir material (concrete spreader, asphalt paver, motor grader). Sedangkan Alat-alat berat dalam pengoperasiannya dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain atau tidak dapat digerakan atau statis. Jadi klasifikasi alat berdasarkan pergerakannya dapat dibagi menjadi alat dengan penggerak (crawler atau roda kelabang dan ban karet) dan alat statis (towercrane, batching plant, crusher plant).

Penggunaan alat berat ini sangatlah penting terutama pada dunia konstruksi dan engineering, oleh karena itu pada training ini akan dibahas hal – hal mengenai manajemen alat berat

Materi Pelatihan / Training Heavy Equipment Management

  1. Heavy equipment, use, needs, purchases and replacement cycles
  2. Heavy equipment safety
  3. Requirements for heavy equipment operators
  4. State-wide heavy equipment policy and procedures
  5. Criteria for Standardizing equipment
  6. Equipment rehabilitation
  7. Limits for lifetime repair costs
  8. One-time repairs under extended life conditions
  9. Equipment and vehicle specification
  10. Management practices to maintain the integrity, safety and dependability of equipment
  11. Case Study
  12. Discussion

Peserta Pelatihan / Training Heavy Equipment Management

Semua pekerja yang berhubungan dengan heavy equipment, seperti: engineers, technical staffs, managers, designers.

Instruktur Pelatihan / Training Heavy Equipment Management

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Heavy Equipment Management

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Heavy Equipment Management hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.