ENGINEERINGMECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Industrial Combustion and Burner

Training Industrial Combustion and BurnerTraining Industrial Combustion and Burner adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Industrial Combustion and Burner diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Industrial Combustion and Burner

Burner adalah proses pembakaran, dimana peristiwa pembakaran merupakan reaksi antara bahan bakar batubara dan oksidator, yang umumnya digunakan di industri adalah udara. Reaksi pembakaran menghasilkan panas yang diwujudkan dalam bentuk temperatur gas hasil bakar tinggi di atas 800o C. Gas hasil bakar atau zona reaksi pembakaran dihasilkan dalam bentuk volume yang mempunyai warna yang memijar (warna jingga atau kuning biru), yang disebut lidah api atau flame. Burner secara teknologi didefinisikan sebagai sebuah alat perwujudan, pelokasian, pembentuk, dan penahan flame.

Terdapat beberapa fungsi dari burner, yaitu mencampurkan pasokan bahan bakar dan udara, mewujudkan terjadinya reaksi pembakaran antara bahan bakar dengan udara untuk memenuhi kriteria fungsi dan lingkungan, menjaga api atau flame dalam bentuk yang stabil, menciptakan karakteristik api yang diperlukan, dan mendistribusikan panas pembakaran sesuai dengan karakteristik perpindahan panas yang diinginkan.

Komponen – komponen burner antara lain adalah perangkat pemasuk dan pendistribusian udara untuk pencampuran yang baik dengan bahan bakar, perangkat pemasok dan pendistribusian bahan bakar untuk mendapatkan pencampuran yang baik dengan udara, perangkat permulaan pengapian atau ignitor, sumber api yang kontinyu atau pilot flame, ruang atau alat penambatan api untuk mendapatkan api yang stabil, ruang penciptaan pencampuran bahan bakar dan udara untuk menghasilkan karakteristik api yang diinginkan, dan alat untuk memantau api sebagai monitoring system.

Adapun hal – hal yang harus diperhatikan dalam perancangan dan operasi burner adalah geometri dan ukuran burner ditentukan oleh faktor-faktor yang menjadi konsideran sehingga burner berfungsi sesuai dengan keperluan proses. Faktor – faktor dari konsideran yang dimaksud adalah; yang pertama, metode pencampuran bahan bakar dan udara yaitu dengan pencampuran sempurna sebelum terjadi reaksi pembakaran (premixed), menghasilkan premixed flame, kemudian pencampuran diikuti langsung dengan reaksi pembakaran menghasilkan diffusion flame. Yang kedua adalah fasa bahan bakar berupa gas, cair atau padat yang memerlukan teknik pendistribusian bahan bakar yang berbeda menghasilkan rancangan burner berbeda pula. Ketiga adalah ruang keberadaan api dari burner yang dapat pada ruang terbuka tanpa dinding menghasilkan api dalam ruang bebas atau ruang tertutup dibatasi dinding menghasilkan api terkungkung. Keempat adalah panjang api yang diiinginkan akan memberikan burner dengan flame pendek atau api panjang. Kelima adalah aplikasi burner untuk industri atau domestik. Keenam adalah susunan api yang memberikan klasifikasi burner flame tunggal atau flame jamak dalam bentuk matrik seperti matrik burner. Ketujuh adalah bentuk flame berupa burner api selinder api lebar dan tipis. Yang terakhir adalah operasi dan perancangan burner dikendalikan oleh fenomena pembakaran bahan bakar dan fenomena pembakaran bergantung pada jenis bahan bakar. Dengan mengetahui hal – hal di atas, maka perlu diketahui dan dikuasai ilmu – ilmu mengenai burner oleh pekerja atau operator, yang akan dibahas lanjut pada training ini.

Materi Pelatihan / Training Industrial Combustion and Burner

  1. Jenis-jenis bahan bakar, batu bara, gas alam, LPG, minyak diesel dan minyak residu
  2. Pembakaran bahan bakar gas : kejadian api (flame), tipe-tipe api, warna visual api, ukuran api, kondisi-kondisi api yang yang diinginkan
  3. Pembakaran bahan bakar minyak fenomena pembakaran minyak pengkabutan, minyak  yang baik, visualisasi kabut, ukuran kabut, api dari minyak bakar.
  4. Pembakaran bahan bakar batu bara (padat) fenomena pembakaran, metode-metode pelaksanaan batu bara.
  5. Burner sebagai peralatan utama pembakaran, jenis-jenis burner, kelengkapan burner, pengoperasian burner, perawatan burner, penanggulangan permasalahan burner.
  6. Pengaturan api pada burner : panjang api, pengaruh udara pasokan, pengaruh pengkabutan bahan bakar, warna api pada kondisi operasi imum, dinamika sebaran api dan sistem pembakaran di Industri

Peserta Pelatihan / Training Industrial Combustion and Burner

Para operator yang bertugas pada bagian operasi, perawatan inspeksi, technical support pada pabrik atau industri untuk reformer, boiler, fire heater, reheating furnace, glass furnace, incenerator, kiln cement, dan tungku-tungku api pada berbagai pabrik atau industri.

Instruktur Pelatihan / Training Industrial Combustion and Burner

Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc., Ph.D

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Industrial Combustion and Burner

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Industrial Combustion and Burner hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011,  0813-9229-0011.

3 thoughts on “Training Industrial Combustion and Burner

    1. Selamat pagi ibu nining, baik silabus akan segera kami kirimkan. Untuk email apakah sudah sesuai dengan nining7118@antam.com ? Maaf ibu, mohon saya dikirimkan nomor yg bisa idhub utk konfirmasi. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.