ENGINEERINGINFORMATION TECHNOLOGYTRAINING

Training Low Voltage Lightning Protection Systems

Training Low Voltage Lightning Protection SystemsTraining Low Voltage Lightning Protection Systems adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo.

Training Low Voltage Lightning Protection Systems diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Low Voltage Lightning Protection Systems

Petir merupakan kejadian alam yang selalu melepaskan muatan listriknya ke bumi tanpa dapat dikendalikan dan menyebabkan kerugian harta benda dan manusia. Tak ada yang dapat mengubah situasi ini. Petir terjadi karena adanya benturan antara awan yang bermuatan listrik positif di udara. Kilatan cahaya petir yang mengandung arus listrik sangat kuat tersebut dapat merusak bangunan ataupun peralatan elektronik.

Meskipun kilatan petir jatuh di daerah yang agak jauh misalnya 1 km dari kantor anda, arus listrik imbasannya tetap mengalir pada berbagai kabel tembaga seperti kawat penghantar listrik PT. PLN dan kabel telepon PT. Telkom. Arus imbas ini meskipun lebih kecil akan tetapi tetap memiliki kemampuan merusak peralatan elektronik anda seperti telepon faximile ataupun komputer dan peralatan jaringan komputer.

Petir adalah salah satu fenomena alam yang paling kuat dan menghancurkan. kekuatan petir yang pernah tercatat adalah mulai dari ribuan amper sampai 200.000 amper atau sama dengan kekuatan yang dibutuhkan untuk menyalakan 500 ribu lampu bohlam 100 watt. Meskipun arus petir hanya sesaat kira-kira selama 200 micro-detik tapi hasil kerusakan yang ditimbulkan sangat luarbiasa. Efek dari serangan langsung sangat jelas terlihat, mulai dari kerusakan bangunan, kebakaran sampai bahaya kematian bagi manusia. Selain itu pada saat petir menyambar akan ada loncatan muatan listrik ke benda yang bersifat konduktor disekitar pusat hantaman. Loncatan ini bahkan bisa mengalir kemana-mana hingga puluhan kilometer. Untuk hal tersebut di atas diperlukan sistem proteksi yang sangat baik terutama untuk gedung, fasilitas umum dan perusahaan yang menghandalkan komputer atau peralatan elektronik untuk seluruh kegiatan bisnis-nya.

Petir telah banyak membuat kerugian pada manusia dan kerusakan pada peralatan sejak dulu. Semakin banyaknya pemakaian alat elektronik dan peralatan tegangan rendah saat ini telah meningkatkan jumlah statistik kerusakan yang ditimbulkan oleh pengaruh sambaran petir baik langsung maupun tidak langsung. Indonesia memiliki hari guruh yang tinggi dengan jumlah sambaran petirnya yang banyak, sehingga kerusakan dan kerugian yang ditimbulkannya pun lebih besar.

Lokasi yang mempunyai nilai bisnis tinggi industri kimia, pemancar TV, Telekomunikasi, gedung perkantoran dengan sistem perkantoran dan industri strategis seperti HANKAM, bandara udara memerlukan proteksi yang dilakukan seoptimal mungkin.

Diperlukan adanya pengetahuan tentang sistem proteksi petir yang dapat diimplementasikan pada berbagai peralatan, seperti : gedung, peralatan telekomunikasi, komputer dan peralatan lainnya.

Peserta Pelatihan / Training Low Voltage Lightning Protection Systems

Training ini dapat diikuti oleh  karyawan  yang ruang lingkup pekerjaannya berhubungan dengan safety system.

Instruktur Pelatihan / Training Low Voltage Lightning Protection Systems

  1. Yuni Kusumastuti, S.T., M.Eng., D.Eng.
  2. Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc, Ph.D.

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Low Voltage Lightning Protection Systems

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Low Voltage Lightning Protection Systems hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.