MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Metallurgy for Non Metallurgists

Training Metallurgy for Non MetallurgistsTraining Metallurgy for Non Metallurgists adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Metallurgy for Non Metallurgists diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Metallurgy for Non Metallurgists

Metalurgi adalah ilmu dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Ruang lingkup metalurgi meliputi pengolahan mineral (mineral dressing), ekstraksi logam dari konsentrat mineral (metalurgi ekstraksi), proses produksi logam (metalurgi mekanik), dan perekayasaan sifat fisik logam (metalurgi fisik).

Pengolahan mineral (mineral dressing) adalah pengolahan mineral secara fisik. Tujuan dari pengolahan mineral adalah meningkatkan kadar logam berharga dengan cara membuang bagian-bagian dari bijih yang tidak diinginkan. Secara umum, setelah proses mineral dressing akan dihasilkan tiga kategori produk, yaitu konsentrat, di mana logam-logam berharga terkumpul dan dengan demikian kadarnya menjadi sangat tinggi, tailing, di mana bahan-bahan kurang berharga (bahan ikutan, gangue mineral) terkumpul, dan middling, yang merupakan bahan pertengahan antara konsentrat dan tailing. Teknik pengolahan mineral bermacam-macam. Pengaplikasiannya sangat tergantung pada jenis bijih atau mineral yang akan ditingkatkan konsentrasinya. Pemilihan teknik didasarkan pada perbedaan sifat-sifat fisik dari mineral-mineral yang ada dalam bijih tersebut. Teknik-teknik yang digunakan dalam proses pengolahan mineral di antaranya adalah konsentrasi gravitasi, flotasi, dan magnetic separation

Metalurgi ekstraksi adalah praktik mengambil logam berharga dari sebuah biji dan pemurnian logam mentah yang diekstrak ke dalam bentuk murni. Dalam rangka untuk mengubah logam oksida, atau sulfida untuk sebuah logam murni, bijih besi harus dikurangi secara fisik, kimiawi atau elektrolisasi. Ahli metalurgi ekstraksi akan tertarik dalam tiga aliran utama yakni pemakanan, berkonsentrasi (oksida logam berharga/sulfida) dan punca (limbah). Setelah pertambangan dari potongan besar akan diperoleh bijih melalui pelumatan dengan melalui penghancuran dan penggilingan untuk mendapatkan partikel-partikel yang cukup kecil di mana masing-masing partikel terdiri dari bahan berharga atau limbah. Partikel terkonsentrasi yang berharga dalam bentuk yang mendukung memungkinkan pemisahan logam yang dikehendaki dari kandungan limbah yang tidak dikehendaki. Pertambangan mungkin tidak diperlukan bila terdapat tubuh bijih dan lingkungan fisik yang kondusif untuk pencucian. Larut pencucian bijih mineral dalam tubuh dan menghasilkan solusi yang kaya. Solusi dikumpulkan dan diproses untuk mengekstrak logam berharga. Badan bijih umumnya mengandung lebih dari satu logam berharga. Punca dari proses sebelumnya dapat digunakan kembali sebagai bahan dalam proses lain untuk mengambil produk sekunder dari bijih asli. Selain itu, suatu zat terkonsentrasi mungkin berisi lebih dari satu logam berharga. Yang berkonsentrasi kemudian akan diproses untuk memisahkan logam berharga dalam konstituen individu.

Metalugi fisik adalah pengetahuan-pengetahuan mengenai fisika dari logam-logam dan paduan-paduan umpamanya tentang sifat-sifat mekanik, sifat-sifat teknologi serta pengubahan-pengubahan sifat-sifat tersebut yang umumnya menyangkut segi-segi pengembangan atau development, pada penggunaan dan pengolahan atau teknologi logam-logam dan paduan-paduan.

Pada training ini akan dibahas dasar – dasar mengenai metalurgi sehingga orang – orang non-metallurgists dapat mengerti ilmu mengenai metalurgi dan dapat mengimplementasikan ilmu.

 

Materi Pelatihan / Training Metallurgy for Non Metallurgists

  1. Metalurgi secara umum
  2. Ruang lingkup metalurgi
  3. Pengolahan mineral
  4. Produk – produk pengolahan mineral
  5. Ekstraksi logam dari konsentrat
  6. Proses produksi logam
  7. Perekayasaan sifat fisik logam

 

Peserta Pelatihan / Training Metallurgy for Non Metallurgists

Engineers dan pekerja yang belum memiliki dasar tentang metalurgi.

 

Instruktur Pelatihan / Training Metallurgy for Non Metallurgists

  1. Dr. Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc. (Staf Pengajar Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM Yogyakarta)
  2. Dr. Ir. Victor Malau, DEA (Staf Pengajar Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM Yogyakarta)

 

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Metallurgy for Non Metallurgists

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Metallurgy for Non Metallurgists hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011, 0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.