ENGINEERINGINDUSTRIAL CHEMICALTRAINING

Training Oil Spill Response

Training Oil Spill ResponseTraining Oil Spill Response adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Oil Spill Response diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan Training Oil Spill Response

Dalam industri minyak dan gas bumi, terjadinya minyak tumpah (oil spill) adalah suatu hal yang mungkin atau bahkan sering terjadi. Beberapa peristiwa tumpahnya minyak ini sering terjadi di lautan / pantai seperti peristiwa ledakan anjungan minyak milik British Petroleum yang terjadi di Teluk Meksiko pada tahun 2010. Peristiwa tumpahan minyak tersebut terjadi disebabkan oleh beberapa hal seperti ledakan anjungan minyak lepas pantai, operasi dan kecelakaan kapal tanker, docking (perbaikan / perawatan kapal), terminal bongkar muat tengah laut, scrappping kapal, bencana alam dan lain sebagainya.

Pencemaran minyak di laut tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sumber daya hayati dan rusaknya ekosistem bawah laut. Minyak yang menutupi lautan akan menghalangi masuknya sinar matahari dan menghambat fitoplankton untuk fotosintesis sehingga rantai makanan pun akan terputus, supply oksigen yang ada di dalam lautan pun akan berkurang dan dapat menyebabkan kematian berbagai jenis makhluk hidup di lautan, minyak dengan berat jenis yang besar pun akan turun dan menutupi dasar lautan sehingga merusak ekosistem di dasar laut. Dapat disimpulkan jika tumpahan minyak di laut tersebut tidak ditangani dengan baik maka akan merusak ekosistem laut dan juga menghambat perekonomian masyarakat pantai yang bergantung pada hasil laut.

Melihat dampak yang disebabkan tumpahan minyak yang telah dijelaskan di atas, harus disadari bahwa penanganan tumpahan minyak ini harus dilakukan dengan sigap, cepat dan tepat. Harus ada alat yang memadai dan SDM yang benar-benar mengerti dan paham bagaimana penanganan tumpahan minyak tersebut harus dilakukan dengan tepat dan cepat agar tidak menyebar dan berdampak kerusakan ekosistem laut yang lebih luas. Oleh sebab itu pelatihan khusus penanganan minyak (oil spill response) ini harus diberikan kepada pekerja yang bertanggung jawab akan  hal itu.

Pada pelatihan ini  peserta akan diberikan pemahaman mengenai dampak tumpahnya minyak terhadap lingkungan dan sikap tanggap yang harus dilakukan saat hal itu terjadi baik dari penyusunan rencana – rencana yang dapat dilakukan maupun tindakan langsung di lapangan, ilmu mengenai alat dan bahan kimia yang dapat digunakan. Dengan demikian setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan dapat membuat skala prioritas yang harus ditempuh dalam merespon tumpahan minyak tersebut, mempertimbangkan langkah-langkah apa yang bisa diambil dengan tepat dan cepat demi mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Peserta Pelatihan / Training Oil Spill Response

Operators, field technicians, and professionals who work and have relationship with oil industry

Instruktur Pelatihan / Training Oil Spill Response

  1. Yuni Kusumastuti, S.T., M.Eng., D.Eng.
  2. Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc., Ph.D.

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Oil Spill Response

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Oil Spill Response hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011, 0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.