HEALT SAFETY AND ENVIRONMENT (HSE)Pelatihan K3TRAINING

Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi)

Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi) adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo.

Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi) diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi)

Pengetahuan yang baik mengenai safety yang baik sangat diperlukan bagi pelaku industri untuk mencegah agar kerugian dapat dihindari dalam operasional proses di industri. Semua kecelakaan yang pernah terjadi ada sebabnya, semua sebab bisa dicari, diketahui, dan dihindari sehingga semua kecelakaan bisa diminimalisir sampai tercapai bebas kecelakaan. Salah satu penyebabnya adalah salah pasang, salah pilih ataupun   ketidaktahuan (“ lack of information / understanding“)  terhadap safety issues untuk industri.

Pemahaman dan penerapan keselamatan kerja dalam industri perlu dilakukan secara menyeluruh agar operasi industri berjalan dengan semestinya tanpa adanya gangguan-gangguan safety yang mengancam operasional industri. Analisis risiko dan kegagalan operasi juga perlu dilakukan selain aspek-aspek safety yang lain.

Kerentanan industri-industri terhadap kegagalan operasi komponen / peralatan produksi dapat disebabkan oleh lingkungan yang korosif, pembebanan berlebih, pembebanan siklus, pemanasan berlebih, kesalahan dalam pengoperasian, kesalahan saat konstruksi atau penyambungan, kesalahan spesifikasi atau desain dan berbagai faktor penyebab lainnya.

Kegagalan komponen / peralatan dalam manufaktur atau rangkaian produksi, konstruksi, permesinan, struktur, seperti bocornya jalur pipa, ledakan tangki minyak / gas, kecelakan sarana transportasi, runtuhnya jembatan dan lain sebagainya sangat tidak diharapkan karena akan mengganggu jalannya produksi, membebani ongkos produksi, dan lebih jauh dapat mengakibatkan kecelakan bahkan korban jiwa.

Analisis kegagalan merupakan metode investigasi secara sistematis untuk mencari penyebab kegagalan suatu komponen / peralatan. Tujuan utamanya adalah untuk menentukan mekanisme dan penyebab terjadinya kegagalan, serta memberikan rekomendasi atau menawarkan solusi untuk mengatasi masalah yang timbul. Analisis kegagalan selanjutnya dapat digunakan sebagai umpan-balik untuk memperbaiki desain teknik, prosedur operasi, program perawatan ataupun perencanaan kualitas, sehingga ongkos produksi / operasi dapat ditekan.

Selain analisis kegagalan operasi, analisis risiko operasional akibat kegagalan operasi juga perlu dilakukan bagi pelaku industri untuk mengevaluasi dan meminimalisir terjadinya kegagalan operasi di suatu industri.

Setelah training ini para peserta diharapkan memiliki pemahaman dan dapat melakukan penerapan safety yang lebih baik di lingkungan kerja mereka terutama yang berkaitan dengan masalah analisis risiko dan kegagalan operasi.

Materi Pelatihan / Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi)

  1. Overview risk management
  2. Hazardous event identification {releasing toxic chemicals, flammable chemicals, process hazard, UVCE (Unconfined Vapor Cloud Explosion), BLEVE (Boling Liquid Expansion Vapor Explosion)}
  3. Incident scenarios (FTA dan event Tree Analisys, ETA)
  4. Consequences Analysis (releasing rate models, dispersion models for toxic and flammable chemicals)
  5. Quantifying risk
  6. Risk indicator
  7. Acceptability of risk
  8. Case Study

Peserta Pelatihan / Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi)

Operator, engineer / manager yang terkait dengan program keselamatan proses ( process engineers, operation / safety / instrumentation engineers ) di industri kimia, perminyakan, dll.

Instruktur Pelatihan / Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi)

  1. Yuni Kusumastuti, S.T., M.Eng., D.Eng.
  2. Ir. Agus Prasetya, M.Eng.Sc, Ph.D.

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi)

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Safety (Analisis Risiko dan Kegagalan Operasi) hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini di 0877-3989-1000, 0812-1516-0011, 0813-9229-0011.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.