MECHANICAL AND EQUIPMENTTRAINING

Training Welding Technology

Training Welding TechnologyTraining Welding Technology adalah program Training Engineering dari PT Gama Semesta Konsultindo. Training Welding Technology diselenggarakan di Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali.

Deskripsi Pelatihan / Training Welding Technology

Pengelasan (welding) adalah salah salah satu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinyu. Proses pengelasan berkaitan dengan lempengan baja yang dibuat dari kristal besi dan karbon sesuai struktur mikronya, dengan bentuk dan arah tertentu. Lalu sebagian dari lempengan logam tersebut dipanaskan hingga meleleh. Jika tepi lempengan logam itu disatukan, terbentuklah sambungan. Umumnya, pada proses pengelasan juga ditambahkan dengan bahan penyambung seperti kawat atau batang las. Jika campuran tersebut sudah dingin, molekul kawat las yang semula merupakan bagian lain kini menyatu.

Proses pengelasan tidak sama dengan menyolder di mana untuk menyolder bahan dasar tidak meleleh. Sambungan terjadi dengan melelehkan logam lunak misalnya timah, yang meresap ke pori-pori di permukaan bahan yang akan disambung. Setelah timah solder dingin maka terjadilah sambungan. Perbedaan antara solder keras dan lunak adalah pada suhu kerjanya di mana batas kedua proses tersebut ialah pada suhu 450 derajat Celcius. Pada pengelasan, suhu yang digunakan jauh lebih tinggi, antara 1500 hingga 1600 derajat Celcius.

Pengelasan bukan tujuan utama dari kontruksi, tetapi hanya merupakan sarana untuk mencapai ekonomi pembuatan yang lebih baik. Karena itu rancangan las dan cara pengelasan harus betul-betul memperhatikan dan memperlihatkan kesesuaian antara sifat-sifat las dengan kegunaan kontruksi serta kegunaan disekitarnya. Prosedur pengelasan kelihatannya sangat sederhana, tetapi sebenarnya di dalamnya banyak masalah-masalah yang harus diatasi dimana pemecahannya memerlukan bermacam-macam pengetahuan.

Lingkup penggunaan teknik pengelasan dalam kontruksi sangat luas, meliputi perkapalan, jembatan, rangka baja, bejana tekan, pipa pesat, pipa saluran dan sebagainya. Di samping untuk pembuatan, proses las dapat juga dipergunakan untuk reparasi misalnya untuk mengisi lubang-lubang pada cetakan atau cor, membuat lapisan las pada perkakas mempertebal bagian-bagian yang sudah aus, dan macam – macam reparasi lainnya.

Pengelasan dapat dibagi dalam tiga kelas utama yaitu pengelasan cair, pengelasan tekan, dan pematrian. Pengelasan cair adalah cara pengelasan dimana sambungan dipanaskan sampai mencair dengan sumber panas dari busur listrik atau sumber api gas yang terbakar. Pengelasan tekan adalah pcara pengelasan dimana sambungan dipanaskan dan kemudian ditekan hingga menjadi satu. Pematrian adalah cara pengelasan diman sambungan diikat dan disatukan denngan menggunakan paduan logam yang mempunyai titik cair rendah. Dalam hal ini logam induk tidak turut mencair.

Pada training ini akan dibahas mengenai teknologi pengelasan. Diharapkan para peserta training dapat memahami cara kerja pengelasan, cara melakukan pengelasan, dan terlebih lagi dapat mengimplementasikan ilmu ini dalam berbagai bidang, misalnya adalah bagian konstruksi.

 

Materi Pelatihan / Training Welding Technology

  1. Teknologi Las (macam-macam proses las, elektroda las, pemotongan las)
  2. Ilmu Bahan (Mengenal macam-macam bahan, sifat bahan logam; ilmu logam/metalurgy)
  3. Mekanika/Analisa kekuatan Logam dan Welding Design (joint design, welding design)
  4. Fabrikasi dan Aplikasi Lapangan (Keselamatan kerja, kontrol mesin las, Non Destructive Test, Perhitungan Biaya Las, Standard-Standard pengelasan)

 

Peserta Pelatihan / Training Welding Technology

Praktisi pengelasan, welding supervisors, inspectors, dan engineers.

 

Instruktur Pelatihan / Training Welding Technology

  1. Dr. Ir. Rini Dharmastiti, M.Sc. (Staf Pengajar Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM Yogyakarta)
  2. Dr. Ir. Victor Malau, DEA (Staf Pengajar Jurusan Teknik Mesin dan Industri UGM Yogyakarta)

 

Waktu dan Tempat Pelatihan / Training Welding Technology

  • 3 (hari) kerja, di Hotel berbintang Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang dan Bali
  • Quota minimum 2 orang peserta
  • Fasilitas : Modul (hard and soft copy), sertifikat, flash disk, training kit, souvenir, lunch, 2x coffee break

 

Informasi lengkap tentang Pelatihan / Training Welding Technology hubungi ibu Risma atau ibu Kusnuroini  di 0813-9229-0011, 0812-1516-0011, 0877-3989-1000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.